Kementan usahakan alih fungsi lahan kehutanan

Rabu, 30 Januari 2013

MERDEKA.COMPemerintah mengakui Indonesia kesulitan mengejar swasembada beras, karena banyak daerah untuk kepentingan sendiri. Saat ini pemerintah tengah berkoordinasi bersama pemerintah daerah menggodok payung hukumnya.

“Yang sudah ditetapkan pun hanya mengalokasikan lahan untuk daerahnya sendiri. Bukan untuk ketahanan pangan nasional,” ujar Menteri Pertanian Suswono saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/1).

Dia mengatakan pihaknya masih terjebak dalam sulitnya penyediaan lahan pertanian. Jika dibandingkan dengan Thailand, petani Indonesia hanya mendapat lahan tanam sebesar 0,3 hektar.

“Lahan pertanian untuk warga Thailand per kepala keluarga itu tiga hektar per petani karena tidak boleh dipecah-pecah,” katanya.

Pemerintah mengupayakan adanya alih fungsi lahan milik BPN dan Kementerian Kehutanan. Saat ini dari 80 ribu hektar lahan terlantar, sebanyak enam ribu hektar dapat digunakan untuk bertani. Sementara lahan hutan dari 300 ribu hektar, terdapat 197 ribu hektar dapat digunakan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s