Habitat Harimau Sumatera Berkurang

Kamis, 02 Mei 2013

JPNN. Kondisi alih fungsi hutan menjadi salah satu faktor penyebab berkurangnya habitat harimau Sumatera. Karenanya, untuk mengantisipasi kondisi ini, diadakan lokakarya pendekatan berbasis keilmuan satwa liar dan habitatnya di Provinsi Sumsel.

“Hasil lokakarya ini nantinya akan didapat solusi bagaimana  mengembangkan, manfaat, kelemahan, dan jangka panjang pengembangan untuk satwa liar seperti harimau yang habitatnya mulai terkikis ini,” ucap Sekretaris Dinas Kehutanan, Ir Zulfikar,  di sela-sela lokakarya di Hotel Arista, Rabu (2/5).

Menurutnya, di Sumsel sendiri, harimau Sumatera sedikit mengalami kepunahan. Di Sumsel, harimau Sumatera terdapat di Suaka Margasatwa Danco Musi Banyuasin. “Di lokasi ini terdapat banyak harimau, malah ada harimau betina yang sedang hamil,” bebernya.

Habitat harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Sumsel mengalami kondisi yang terkatung–katung. Konsisi ini salah satunya disebabkan karena tempat tinggal sudah mulai berkurang.

Ia berharap, dengan lokakarya ini dapat dilakukan pendekatan berbasis keilmuan satwa liar dan habitatnya di Provinsi Sumsel ini. Selain itu, dapat mengetahui dinamika yang ada dan antisipasi ke depan mengenai kelompok harimau ini.

“Yang jelas, dari lokakarya ini, kita bisa mengembangkan konsep koridor, seperti koridor satwa liar dan habitat harimau Sumatera. Dengan begitu, populasi harimau bisa lebih baik dan bisa didukung oleh semua pihak, serta Suaka Margasatwa Danco Muba ini bisa menjadi tempat habitat yang baik,” tukasnya.

Acara lokakarya sendiri diikuti 35 peserta dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), IPB, Forum Harimauku dan para peserta dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Muhammadiyah, Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Bappeda, Dinas Kehutanan Lingkunagan Hidup,  serta Balai Pemantau Pemantapan Hutan Produksi.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s