Rugikan Negara Rp100 M, BPK Laporkan 22 Perusahaan

Jum’at, 24 Mei 2013

OKEZONE.COM. JAKARTA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melansir 15 temuan pelanggaran atas hasil audit investigasi terhadap 22 perusahaan yang mengakibatkan  kerugian negara mencapai Rp100 miliar lebih.

Menurut Anggota BPK RI, Ali Masykur Musa, dari 22 perusahaan yang dilakukan audit, 15 di antaranya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang tambang.

“(Pelanggaran) yang dilakukan berupa eksplorasi hutan tanpa ijin, dan tidak ada ijin usaha pengunaan kawasan hutan,” katanya saat jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2013).

Intinya, pelanggaran yang dilakukan menyangkut pelanggaran Ijin Usaha Pertambangan (IUP) dan Perjanjian Karya Pengusaha Pertambangan Batu Bara (PKP2B).

Dari temuan terakhir, Ali menuturkan perusahaan tersebut melakukan usahanya di empat provinsi yang terdiri dari, Kalimantan Tengah, Riau, Papua Barat (Raja Ampat), dan Maluku Utara.

Sayangnya, Ali enggan membeberkan nama-nama perusahaan yang telah mengakibatkan kerugian negara tersebut karena sedang dalam proses hukum. “Ijinkan dengan hormat saya tidak bisa menyebutkan nama-namanya. Karena ini sudah dalam proses pro yustisia,” tukasnya.

Padahal, Ali menyatakan jika pelanggaran ini merupakan dampak dari perijinan yang diobral dan mesti segera dihentikan.

Sementara itu, pimpinan KPK, Adnan Pandu Praja mengatakan,  temuan BPK yang dilaporkan kali ini merupakan tindak lanjut dari laporan sebelumnya.

“Ini kita menindaklanjuti temuan BPK. Kedua akan ada sinegri positif kedepan, dengan harapan hasil litbang bisa di telaah, supaya nanti bisa jadi satu bahasa yang itu mengarah pada posisi pencegahan,” ujar Adnan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s