ESDM: Penggunaan Biodiesel Mampu Kurangi Impor BBM

Jumat, 23 Agustus 2013

Produksi biodiesel untuk campuran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar  sudah mencapai 4,3 juta kilo liter (kl) per tahun.

JAKARTA, Jaringnews.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan merealisasikan penggunaan biodiesel sebagai pengganti penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak solar menjadi biodiesel hasil produksi industri minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) sebagai alternatif penggunaan energi untuk transportasi.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo menjelaskan, produksi biodiesel untuk campuran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar itu sudah mencapai 4,3 juta kilo liter (kl) per tahun.

“Produksi kini sudah 4,3 juta kl. Jika dimanfaatkan secara menyeluruh itu sama saja mengurangi impor BBM sebesar 80 ribu barel per hari (bph),” tutur Susilo di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (23/8).

Untuk itu, ungkap Susilo, bila penggunaan biodiesel dapat direalisasikan untuk transportasi bahkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, maka dapat mengurangi ketergantungan BBM yang selalu diributkan dengan berkurangnya ketersediaan energi fosil dalam negeri.

Jadi menurut Susilo, secara keekonomian saja harga biodiesel Rp7.000 per liternya, jauh lebih murah ketimbang harga keekonomian BBM jenis solar yang mencapai Rp9.000.

Oleh karena itu Susilo mengungkapkan, bahwa pihaknya akan mengeluarkan kebijakan untuk menyerap produksi biodiesel dengan mencampur komoditas itu sebesar 10% ke BBM jenis solar. Kini penggunaan biodiesel bagi BBM jenis solar hanya berkisar 4,3%.

“Dengan digunakannya biodiesel dengan mencampurkannya ke BBM jenis solar, diperkirakan akan menghemat cost produksi dari sisi belanja bahan bakar serta mengurangi ketergantungan kita pada impor,” tutur Susilo.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s