JAWA berniat ekspor karet ke Korsel

KONTAN. JAKARTA. Turunnya harga karet sejak awal tahun membuat perusahaan penghasil karet menahan diri untuk menjual karet. Namun, PT Jaya Agra Wattie (JAWA) justru melakukan kontrak baru dengan Korea Selatan (Korsel). JAWA akan menjadi pemasok karet alam ke Korsel.

Bambang S. Ibrahim, Direktur Keuangan JAWA bercerita, sejak setahun lalu PT Haein Resources, Co, Ltd berminat mendatangkan karet alam dari JAWA. “Mereka tertarik karena kualitas kami baik. Namun saat ini kami belum melakukan kontrak perjanjian dalam MOU. Meski dua pihak sudah saling bertemu,” ujar Bambang Senin (27/5).

Haein Resources adalah perusahaan berbasis di Seoul, Korsel bergerak di bidang konstruksi hingga peralatan pertanian. Kementerian Perdagangan mencatat, nilai kontrak Haein dengan Jawa mencapai U$S 12 juta per tahun.

Saat dikonfirmasi perihal nilai kontrak, Yosef, Head Investor Relation menegaskan belum ada kesepakatan resmi terkait jumlah dan nilai kontrak. “Masih terlalu awal,” imbuh Yosef.

JAWA belum dapat memastikan kapan pengiriman karet alam mulai dilakukan ke Korsel. Meskipun ditargetkan tahun ini akan mulai ekspor ke Korsel. Bambang memperkirakan jumlah produksi karet yang akan diekspor ke Korsel,  mencapai 10% dari produksi ekspor JAWA setiap tahun.

Sebagai gambaran pada tahun 2013 lalu produksi karet sebanyak 13.257 ton naik 28% dibandingkan tahun 2012 sebanyak 10.354 ton. Dari total produksi karet Jawa, sebanyak 77% diserap pasar domestik dan sisanya 23% diserap pasar internasional.

Artinya sebanyak 3048 ton ditujukan untuk pasar ekspor. Adapun tujuan negara ekspor JAWA antara lain: China, India, Jepang, Slovenia dan Amerika Serikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s