Greepeace Minta Pemerintah Jauhi Lahan Gambut

Kamis, 29 Mei 2014

TEMPO.CO , Jakarta–  Greenpeace Southeast Asia meminta pemerintah  pusat dan daerah menjauhi investasi di lahan gambut. Kebijakan itu dianggap satu resep menghindari potensi kebakaran hutan.

“Kalau pun mau dikembangkan, ya kembangkan yang sesuai dengan lahan gambut,” kata Forest Campaigner Greenpeace Southeast Asia, Yuyun Indradi di Hotel Morrissey, Jakarta, Rabu, 28 Mei 2014.

Menurut Yuyun, salah satu komoditas yang bisa dikembangkan di lahan gambut adalah ramin. Namun, pelaku usaha disebut tak berminat dengan komoditas tersebut karena tingkat pengembalian investasinya  rendah.

Pengusaha, kata Yuyun, lebih suka membuka lahan untuk perkebunan sawit dan akasia.
“Padahal sawit dan akasia secara normal tak bisa tumbuh di lahan gambut. Tapi sawit dan akasia pengembalian investasinya tinggi,” kata Yuyun.

Dalam setahun terakhir, kata Yuyun, investasi sawit di lahan gambut terutama di wilayah Riau justru mengakibatkan kerugian. Sejak kebakaran lahan gambut pada tahun lalu dan awal tahun ini,  dalam waktu dua bulan saja kerugian akibat kebakaran lahan gambut mencapai Rp 15-20 triliun.

“APBD Riau saja tidak sampai segitu. Pendapatannya sama sekali gak sepadan dengan biaya kerugian,” kata Yuyun.

Maret lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana melansir kerugian akibat kebakaran hutan gambut di Riau hingga akhir Februari 2014 mencapai Rp 10 triliun. Kerugian itu hanya dihitung dari terganggunya transportasi dan ekonomi masyarakat Riau. (Baca: Kebakaran Hutan Riau Rambah Cagar Alam)

Yuyun memprediksi, dengan ancaman El Nino pada Juni – Juli 2014 ini, kerugian akibat kebakaran gambut akan jauh lebih besar dibanding tahun lalu dan awal tahun ini.  (Baca juga: Mei, Riau Waspada Asap)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s