Jero Wacik klaim 17 perusahaan tambang siap renegosiasi

Rabu, 28 Mei 2014

Merdeka.comMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengklaim ada perkembangan terhadap pembahasan renegosiasi kontrak tambang.

Selama ini, dari 112 perusahaan tambang bidikan pemerintah, baru 25 bersedia mengubah kontraknya. Kini, pemerintah mengklaim 17 perusahaan lain siap menyusul.

“Ada kemajuan. Sekarang tambah 17 nanti selesai semua,” kata Wacik sebelum mengikuti rapat di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (28/5).

Dia mengakui, adanya tambahan perusahaan menyetujui renegosiasi ini tetap tak sesuai target pemerintah. Sebab, seharusnya tahun ini seluruh tambang sudah mau mengubah kontrak dengan pemerintah.

Kendati gagal mencapai target, Wacik mengklaim ini sudah maksimal. “Kalau nungguin semua kan lama, jadi mana yang sudah selesai, kita teken,” cetusnya.

Selain itu, perusahaan yang mau menjalankan renegosiasi baru tambang mineral. Batu bara sama sekali belum tersentuh. Pemegang Kontrak Karya (KK) besar seperti PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara juga belum mau menyetujui prinsip renegosiasi.

Ada enam poin renegosiasi yang dituntut pemerintah. Aspek seperti perluasan lahan atau penggunaan produksi dalam negeri, biasanya tidak ditolak.

“Yang belum (setuju) itu divestasi sama royalti,” kata Wacik.

Selain itu, Wacik melihat Menko Perekonomian Chairul Tanjung cukup bersemangat mempercepat proses renegosiasi. Termasuk pula melobi Freeport dan Newmont membangun smelter sesuai amanat hilirisasi.

Akan tetapi, langkah konkretnya masih menunggu rapat hari ini.

“Tunggu kita rapatkan. Kan kita punya menko baru. Pak menko sepertinya semangat membantu percepat urusan ini, urusan renegosiasi. Mudah-mudahan bisa kita beresin nanti,” tegasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s