Tidak Serius Bangun Smelter, Bea Keluar Mineral Bakal Dinaikkan Lagi

Kamis, 29 Mei 2014

Bisnis.com, JAKARTA – Bea keluar ekspor mineral dapat dinaikkan kembali jika perusahaan tambang mineral yang memperoleh pengurangan tarif tidak menunjukkan kemajuan pembangunan smelter.

Menteri Perindustrian M. S. Hidayat mengatakan pemegang kontrak karya yang telah berkomitmen mendirikan smelter diberi waktu 3 tahun hingga 2017 untuk menyelesaikan proyeknya. Bea keluar dikurangi bertahap setiap tahun sejalan dengan kemajuan konstruksi.

Selama 3 tahun itu, lanjut Hidayat, surveyor yang ditunjuk pemerintah akan mengawasi perkembangan pembangunan smelter.

“Kalau dia membangunnya setengah jalan, ya dinaikkan lagi, bisa kembali ke tarif normal,” katanya seusai rapat koordinasi kebijakan mineral, Rabu (28/5/2014) malam.

Uang jaminan kesungguhan milik pemegang KK pun, lanjutnya, akan hangus karena diambil pemerintah jika tidak ada kemajuan proyek smelter.

Seluruh ketentuan itu, kata Hidayat, bakal dituangkan dalam perjanjian antara pemerintah dan pemegang KK yang akan dimatangkan pekan depan. Jika perjanjian diteken, pemerintah akan menerbitkan peraturan menteri keuangan yang menjamin pengurangan bea keluar bagi pemegang KK.

Adapun, pemegang KK yang tidak bersedia membangun smelter, tetap dikutip tarif sebagaimana diatur dalam PMK No. 6/2014 tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar.

Dalam perkembangan terakhir, PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara, dua raksasa tambang tembaga dan emas di Indonesia, bersedia bekerja sama membangun smelter.

Smelter akan dibangun di Gresik, Jawa Timur, yang juga berkongsi dengan perusahaan pelat merah, PT Aneka Tambang (Antam). Konstruksi akan dimulai kuartal II/2014 dengan nilai investasi US$2,3 miliar.

Adapun, PT Vale Indonesia, perusahaan tambang nikel, telah lebih dulu membangun smelter dan menyelesaikan perundingan dengan pemerintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s