KLH: Usaha Kecil Ikut Menyumbang Pencemaran Air

Sabtu, 31 Mei 2014

Bisnis.com, JAKARTA–Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) menyatakan kegiatan usaha kecil macam pembuatan tapioka, tahu, batik dan ternak menyumbang pencemaran air sehingga harus diatasi dalam rangka ekonomi berwawasan lingkungan.

Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan MR Karliansyah mengatakan pengelolaan lingkungan seringkali dianggap beban oleh para pelaku usaha kecil. Hal itu, paparnya, menyebabkan persoalan lingkungan tak dapat dikelola dengan baik.

“Kegiatan usaha kecil sarat permasalahan, seperti kurangnya permodalan, terbatasnya penggunaan teknologi dan berpotensi terhadap dampak kesehatan serta lingkungan,” kata Karliansyah dalam keterangan resminya, Sabtu (31/5/2014).

Dia memaparkan terdapat pencemaran air dari usaha kecil macam pembuatan tapioka, tahu, batik dan peternakan. Kontribusi buruk itu mencapai 2,3 juta ton dan 0,96 juta ton methane, yang setara dengan 24 juta ton CO2.

Karliansyah memaparkan permasalah tersebut dapat menyebabkan konflik sosial karena munculnya pencemaran lingkungan dan hilangnya ketersediaan air bersih dan sanitasi. Selain itu, paparnya, akan berimbas pada pelarangan atau pembatasan produk-produk usaha kecil dari negara pengimpor.

UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan menyebutkan usaha kecil mikro, tidak wajib menyusul Amdal ,” kata Karliansyah. “Namun wajib menyusul surat pernyataan kesanggupan pengelolaan dan pemantauan lingkungan.”

KLH meminta harmonisasi pengaturan instrumen ekonomi, legalitas dan persoalan teknis diperlukan guna mewujudkan usaha kecil yang ramah lingkungan sekaligus inovatif. Dia memaparkan hal itu sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kualitas ekonomi berwawasan lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s