SMART genjot kapasitas produksi pabrik penyulingan

KONTAN. JAKARTA. PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) akan mengenjot kapasitas produksi tiga pabrik penyulingan. Tujuannya untuk meningkatkan produksi produk turunan minyak kelapa sawit mentah seperti minyak goreng, margarin dan lemak khusus (special fats).

Dengan peningkatan kapasitas pabrik penyulingan ini, SMART berharap bisa menambal pendapatan akibat perlambatan pertumbuhan produksi minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan penurunan ekspor. Asal tahu saja, ekspor CPO menurun karena permintaan dari China dan India berkurang.

Direktur SMART Ing. Gianto Widjaja menjelaskan, peningkatan kapasitas pabrik penyulingan itu akan dilakukan dalam tempo tiga tahun. “Memang ekspor CPO mulai menurun. Hanya saja kami ingin menjual produk yang memberi nilai tambah,” ujar Gianto pada Selasa (3/6).

Kapasitas pabrik yang akan diperbesar yakni di Jakarta, Surabaya dan Medan. Penambahan kapasitas produksi mencapai 1.000 ton per hari. Saat ini kapasitas produksi pabrik penyulingan yang terpasang sebesar 7.600 ton per hari. Sehingga total produksi tiga pabrik penyulingan nantinya menjadi 10.600 ton per hari.

Dengan adanya penambahan kapasitas pabrik penyulingan ini, SMART menargetkan penjualan produk berbasis CPO dan produk seperti: minyak goreng dan margarin bisa naik 5% setahun. Sebagai gambaran, penjualan bersih SMART mencapai Rp 23,9 triliun pada tahun 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s