SVLK Optimalkan Pemasaran ke Luar Negeri

04 Juni 2014

KUDUS, suaramerdeka.comPenerapan standar verifikasi legalitas kayu (SVLK) di Pura Group mempunyai tujuan ganda. Selain sebagai komitmen kepedulian menggunakan produk hasil hutan yang legal, hal itu juga dimaksudkan untuk menembus pemasaran ke luar negeri.

Manager General Affair PT Pura Kudus, Iwan Wijaya didampingi stafnya Noor Faiez, mengemukakan hal itu kepada Suara Merdeka, Rabu (4/6). Ditambahkannya, secara prinsip tidak ada hal khusus terkait penerapan sistem itu. “Hanya masalah audit saja,” katanya.

Ditambahkannya, beberapa negara terkenal “ribet” hal-hal yang berbau lingkungan. Mereka menerapkan standar yang sangat tinggi terhadap produk yang memanfaatkan olahan hasil hutan, salah satunya kayu.

Bila tidak mempunyai sertifikasi tersebut, dipastikan akan kesulitan menembus pangsa pasar ekspor. “Dan kami menerapkan hal tersebut sebagai bentuk komitmen penggunaan hasil hutan yang legal,” tandasnya.

Saat sekarang, Pura Group mempunyai dua sertifikasi, yakni SVLK dan dari lembaga Forest Stewardship Council (FSC). Meskipun PT Pura bukan pabrikan kayu, bahan baku yang digunakan menggunakan “pulp” yang merupakan turunan kayu.

Penerapan sistem penelurusan bahan baku dan hasil olahan yang menjamin keterlacakan kayu dari asalnya juga menjadi kebanggaan perusahaaan karena keberadaan dan asal-usulnya jelas dan sah. “Kami sudah menerapkan hal tersebut,” ujarnya.

Untuk mendapatkannya, ada empat tahapan audit, yakni legalitas perusahaan, legalitas bahan baku dan proses produksi, proses penjualan atau skspor, serta ketenagakerjaan dan keselamatan dan kesehatan kerja. Dokumen yang dibutuhkan dalam proses audit tersebut, yakni ketelusuran selama satu tahun ke belakang sehingga butuh waktu empat hari untuk melakukan audit SVLK.

Sedangkan sertifikat legalitas kayu dari FSC merupakan upaya perusahaan agar bisa diperdagangkan dan mengakses pasar di luar negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s