Newmont Batal Lakukan PHK

Jumat, 30 Mei 2014

INILAHCOM, Jakarta – Karyawan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) boleh bernafas lega. Sebab manajemen Newmont batal merumahkan para karyawannya.

Sebelumnya dijadwalkan pada 1 Juni 2014, Newmont merumahkan para karyawan. Penyebabnya lantaran Surat Persetujuan Ekspor (SPE) belum terbit sehingga mengurangi kegiatan operasi tambang yang berdampak penurunan kinerja.

Ketua Serikat Pekerja Nasional Newmont, Nasrudin menuturkan, manajemen perusahaan telah menerbitkan memorandum yang membatalkan merumahkan karyawan. Ia menilai manajemen telah melihat pergerakan positif dari diskusi dengan pemerintah.

“Perusahaan melihat pergerakan positif ke depan. Maka dikeluarkan memo yang intinya pada 1 Juni itu diundur sementara waktu,” kata Nasrudin di Jakarta, Jumat (30/5/2014).

Namun Nasrudin tetap mengingatkan ancaman merumahkan karyawan masih tetap ada jika pemerintah belum menerbitkan izin ekspor konsentrat kepada Newmont. Hal ini berdasarkan isi memo yang disampaikan Newmont kepada seluruh karyawan.

“Kalau pekan depan tidak ada kejelasan dari pemerintah akan ada langkah pasti dari manajemen,” katanya.

Dalam waktu dekat Serikat Pekerja Nasional Newmont akan menggelar audiensi dengan Kementerian Keuangan. Pihaknya telah menyurati persoalan audiensi dan dilakukan pekan depan.

“Kami tetap mengawal pemerintah dan penrusahaan agar tidak merugikan kami. Kami sudah kirim surat. Hari Senin dilakukan audensi dengan Menkeu,” ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s