Menristek: limbah kelapa sawit diolah menjadi bioenergi

Selasa, 17 Juni 2014

Denpasar (ANTARA News) – Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan keberadaan kelapa sawit di Tanah Air, selain dimanfaatkan untuk industri bahan makanan, tetapi limbahnya bisa diolah menjadi energi terbarukan atau bioenergi.

“Manfaat kelapa sawit selain untuk kebutuhan industri makanan, juga limbahnya ke depan bisa digunakan untuk energi pengganti solar dan premium,” katanya di sela acara “International Oil Palm Conference (IOPC)” di Nusa Dua, Bali, Selasa.

Ia mengatakan di tengah krisis energi yang terjadi di dunia saat ini, maka Indonesia mengambil langkah maju untuk mengembangkan teknologi minyak kelapa sawit menjadi bioenergi dengan bahan baku kelapa sawit.

“Pemerintah mendukung penuh pengembangan teknologi ini karena dalam jangka 10 sampai 20 tahun mendatang energi yang bersumber dari fosil secara perlahan-lahan akan habis,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, selain terus melakukan peremajaan dengan penanaman kelapa sawit yang dikelola oleh pengusaha inti rakyat (PIR), tetapi juga dianjurkan kepada perkebunan yang dimiliki masyarakat.

“Langkah peremajaan pohon kelapa sawit dengan bibit unggul, maka produksi yang dihasilkan akan terus meningkat, dibanding pohon sebelumnya. Sebab bibit sawit unggul tersebut merupakan hasil dari penelitian para pakar perkebunan,” katanya.

Menristek Muhammad Hatta lebih lanjut mengatakan dengan kelapa sawit unggul tersebut saat ini telah menghasilkan dua kali lipat dari sebelumnya.

“Diperkirakan luas kebun kelapa sawit di Indonesia sebanyak 9,3 juta hektare yang tersebar di beberapa daerah dengan hasil mencapai 3,8 juta ton,” katanya.

Kegiatan konferensi kelapa sawit tersebut diikuti dari pengusaha minyak sawit, akademisi, peneliti, asosiasi petani kelapa sawit, instansi pemerintah dan swasta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: