Usulan PMN Pemerintah RP5,3 Triliun Ditahan DPR

Jum’at, 13 Juni 2014

OKEZONE.COM. JAKARTA – Pemerintah mengajukan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) dalam RAPBN-P 2014 sebesar Rp5,3 triliun. Dari total PMN itu Rp2 triliun di antaranya, diajukan untuk pembangunan jalan tol Trans Sumatera.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Hadiyanto mengungkapkan, pembangunan tersebut dilakukan untuk mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

“Proyek ini memang harus dimulai pada tahun ini. Karena itu dilakukan penambahan PMN,” tuturnya dalam rapat panitia kerja (Panja) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Jumat (13/6/2014).

Selain untuk proyek Tol Sumatera tambahan PMN itu juga dialokasikan untuk beberapa perusahaan milik negara yaitu PT Perusahaan Pengelola Aset, PT PAL Indonesia dan PT Geo Dipa Energi. Kemudian PT BPUI dan PT Krakatau Steel (KS).

Sementara itu, Wakil Ketua Banggar, Tamsil Linrung mengatakan, pengajuan PMN sebesar Rp5,3 triliun itu tidak mengikuti mekanisme yang seharusnya. Pasalnya belum dibahas di komisi terkait, sehingga pengajuannya tidak dapat disepakati.

“Kalau penambahan karena perubahan  kurs kami setujui. Tapi kalau seperti proyek Tol Trans Sumatera yang  belum  disepakati di komisi kami tidak setujui,” tambahnya.

Menurut dia, rencana pemberian PMN untuk beberapa proyek itu dapat dibahas lebih lanjut di komisi terkait dan nantinya diajukan dalam RAPBN 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s