Agus Purnomo: Pemerintah baru jangan buka hutan

Minggu, 22 Juni 2014

Jakarta (ANTARA News) – Pemerintahan baru harus memikirkan pemanfaatan energi alternatif menggantikan bahan bakar fosil dan jangan lagi membuka hutan guna mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) 26 persen pada 2020, kata Staf Khusus Presiden Bidang Perubahan Iklim Agus Purnomo.

“Dalam lima tahun terakhir penggunaan BBM memang naik begitu tinggi, pemerintahan baru mau tidak mau harus memikirkan alternatif energi untuk sekaligus bisa menekan emisi,” ujar Agus, yang juga Kepala Sekretariat Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI),  di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, sumber emisi GRK sebagain besar berasal dari hutan dan gambut. Kebakaran hutan menjadi penyumbang terbesar, diikuti deforestasi dan konversi lahan hutan gambut untuk kegiatan produktivitas.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia mengatakan, kebakaran hutan relatif berkurang, begitu pula deforestasi.

“Kebakaran hutan dan lahan 2014 sudah dua kali memang, ini kita tunggu seperti apa kalau El Nino datang. Deforestasi berkurang dari 1,1 juta hektare jadi 600.000 hingga 700.000 hektare, artinya emisinya berkurang,” ujarnya.

Dari lahan gambut, ia mengatakan, perhitungan pelepasan emisi memang diperkirakan mencapai 1,5 miliar ton. Namun, dinilainya, dengan berbagai aksi dan upaya yang dilakukan selama ini, termasuk penanaman pohon, perhitungannya emisi yang tidak dikeluarkan mencapai 500 juta ton.

“Tapi, angka ini tidak sama di pemerintahan ke depan, jika mereka lebih banyak buka hutan,” ujar Agus.

Ia mengatakan, kondisi hutan dan lahan di Indonesia sudah berubah jika dilihat dari 2000 hingga 2014. Separuh dari lahan di Indonesia sudah beralih dari hutan dan gambut menjadi alang-alang.

“Jika dilihat dari sana, maka emisi yang ditimbulkan dari kegiatan di Indonesia berasal dari kegiatan tidak produktif. Seharusnya 53 persen lahan berupa alang-alang dapat dimanfaatkan sehingga hutan yang tersisa tidak perlu lagi dibuka,” demikian Agus Purnomo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: