Izin Usaha Puluhan Perusahaan Tambang Batubara Terancam Dicabut

Jum’at, 20 Juni 2014,

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian ESDM mensinyalir adanya pelanggaran dalam praktik pertambangan mineral dan batubara yang dilakukan perusahaan di daerah. Untuk itu, kementerian ini berjanji akan mencabut izin usaha perusahaan yang kedapatan melakukan pelanggaran tersebut.

Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara Paul Lubis mengatakan pelanggaran itu tidak hanya dilakukan oleh perusahaan pemegang izin usaha pertambangan (IUP) saja, tetapi juga IUP operasi produksi khusus (IUP-OPK) pengangkutan dan penjualan.

“Ada beberapa IUP pengangkutan yang disinyalir melakukan pelanggaran yaitu terlibat dalam perdagangan produk tambang ilegal,” katanya, Jumat (20/6/2014).

Menurutnya, keterbatasan sumber daya manusia yang dimilikinya menjadi salah satu faktor yang mendorong terjadinya penyelewengan di daerah. Karena itu, pihaknya akan meminta kepala daerah untuk disiplin dan meningkatkan pengawasannya.

“Perusahaan yang hasil tambangnya itu lintas provinsi atau negara itu berada di bawah pegawasan pusat. Tetapi jika antar kabupaten saja, maka menjadi pengawasannya gubernur, begitu seterusnya,” jelasnya.

Lebih jauh, Paul mencontohkan modus pelanggaran yang biasa dilakukan yaitu perusahaan pengangkutan itu mengangkut batubara dari sumber yang tidak jelas atau tidak sesuai dengan apa yang dilaporkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s