Kemenhut Diminta Selektif Keluarkan Perpanjangan Izin Pemanfaatan Hutan

BANDUNG, (PRLM).-Anggota Komisi IV, Habib Nabiel Almusawa meminta agar Kementerian Kehutanan (Kemenhut) ekstra hati-hati dalam mensikapi pihak yang mengajukan perpanjangan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Alam (IUPHHK-HA) dan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman Industri (IUPHHK-HTI). Pelajari dengan seksama rekam jejak yang bersangkutan dalam mengelola konsesinya selama ini.

“Dari lahan konsesi yang ada, hitung berapa luas yang dikelola dengan baik. Jadi kalaupun izinnya mau diperpanjang, kira-kira seluas itu pula izinnya diberikan,” kata Habib dalam pernyataannya ke PR Online, Sabtu (21/6).

Untuk lahan yang tidak terkelola dengan baik apalagi yang terlantar tidak perlu diperpanjang izinnya. “Saat ini Kemenhut yang saat ini tengah mengevaluasi pengajuan perpanjangan IUPHHK-HA PT Essam Timber dengan luas 355.800 hektare,” katanya.

IUPHHK-HA dan IUPHHK-HTI, ujar Habib, masing-masing diberikan dalam jangka waktu 55 dan 60 tahun. “Rentang waktu yang cukup panjang. Penilaian kinerjanyapun bisa dilakukan dengan relatif tepat. “Dengan rentang waktu yang panjang itu, Kemenhut mestinya sudah tahu siapa yang berkinerja baik dan siapa yang buruk”, tambahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s