Restorasi SDA Kehutanan Kunci Pembangunan Ekonomi Indonesia

Kamis, 26 Juni 2014

BERITA SATU. Jakarta – Angkatan Muda Restorasi Indonesia (AMRI) berpandangan, cetak biru (blue print) kebijakan kehutanan ke depan harus lebih inovatif dengan tidak hanya mengandalkan ekstraksi kayu sebagai andalan sebagaimana dilakukan rezim reformasi selama ini.

Hal ini disampaikan Ketua Umum AMRI, Riza Suarga dalam diskusi media ‘Visi Pemerintah ke Depan tentang Restorasi Sumber Daya Alam’ di Jakarta, Kamis (26/6).

Berdasarkan data analisa citra landsat Kementerian Kehutanan (Kemhut), Indonesia adalah negara dengan luas hutan tropis kedua terbesar di dunia setelah Brazil, dengan total luas daratan 187,4 juta hektar. Rinciannya, total hutan tetap seluas 110,4 juta hektar yangt erdiiri dari kawasan hutan produksi seluas 60,9 juta hektar, kawasan hutan lindung dan konservasi 49,5 juta hektar.

Menurut Riza, hutan di era Orde Baru sempat menjadi penyelamat negara dari krisis minyak mentah di tahun 1970-an dan 1980-an. Sektor kehutanan juga pernah menjadi andalan penerimaan devisa negara sebagai penghasil devisa netto terbesar. Bahkan pada periode 1996-2000, kayu merupakan produk ekspor yang memiliki keunggulan komparatif pertama dengan indeks 12,96, jauh melampaui tekstil dan produk tekstil yang hanya memperoleh indeks 1,7.

“Praktis semenjak reformasi tidak terjadi penambahan luas maupun realisasi baru mengingat memang dihentikannya penyaluran dana reboisasi untuk pembangunan hutan tanaman industri tersebut,” ujarnya.

Salah satu kebijakan yang paling realistis adalah menjadikan sumber daya hutan sebagai alternatif energi berkelanjutan yang paling efektif dan realistis. Hanya diperlukan lahan sekitar 1.500-2.000 hektar biomass, mampu memberikan kontribusi sebesar 5-10 megawatt (MW) energi listrik terbarukan.

“Kapasitas 5-10 MW adalah sangat ideal bagi skala kabupaten terutama di luar Jawa, sehingga alternatif pengganti pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) sudah terjawab dalam waktu cepat,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s