Indonesia Unggul dari Brasil dalam Kehancuran Hutan

Senin, 30 Juni 2014

OKEZONE.COM. OSLO – Indonesia memiliki prestasi menakjubkan dibandingkan Brasil. Namun sayangnya prestasi itu justru dampaknya negatif. Indonesia dikabarkan lebih cepat menghabisi hutan tropisnya dibanding Brasil.

Menurut temuan dari para ilmuan, luas hutan Indonesia yang hilang saat ini mencapai total 60 ribu kilometer per segi sejak 2002 hingga 2012. Luas tersebut hampir serupa dengan luas wilayah Irlandia.

“Luas hutan tropis di Indonesia makin berkurang akibat perluasan penanaman kelapa sawit dan perkebunan lainnya. Kecepatan rusaknya hutan pun makin meningkat,” hasil penelitian jurnal Nature Climate Change, seperti dikutip Reuters, Senin (30/6/2014).

“Hingga 2012, hilangnya hutan di Indonesia diperkirakan sudah lebih tinggi dari Brasil, di mana wilayah pinggiran Amazon menjadi kekhawatiran saat ini,” lanjut laporan tersebut.

Untuk pembalakan liar yang terjadi di Indonesia pada 2012 saja diperkirakan mencapai 8.400 kilometer per segi. Jumlah tersebut lebih besar dari Brasil yang mencapai 4.600 kilometer per segi. Brasil sendiri berhasil mengurangi rasio pembalakan liar yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut peneliti Indonesia di University of Maryland Belindo Margono, saat ini Indonesia harus meningkatkan hukuman terhadap pelaku pembalakan liar. Selain itu diperlukan pula pengawasan di wilayah yang terancam.

“Hutan tropis adalah paru-paru bumi. Paru-paru diperlukan untuk bernapas dan bila kalian menghabisi paru-paru maka bumi akan menderita,” tutur penulis lain dari laporan tersebut Matthew Hansen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s