Nasib RI Sebagai Pengekspor Terbesar Batu Bara

Selasa, 01 Juli 2014

OKEZONE.COM. JAKARTA – Meskipun tercatat sebagai pengekspor batu bara terbesar dunia, Indonesia sampai sekarang belum bisa menentukan besaran harga jual batu bara sendiri. Hingga saat ini harga jual produk  tersebut masih menggunakan patokan luar negeri.

Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta Sherman R. Krishna mengatakan, produksi batu bara Indonesia pada 2013 mencapai 421 juta ton. Dari angka total ini Indonesia mengekspor sebanyak 349 juta ton atau sejumlah 82 persen. Batu bara kepada para mitra dagang.

“Meskipun kita pengekspor terbesar tapi kita belum bisa menentukan harga jual sendiri,” tutur Sherman ketika ditemui di The City Tower, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Milawarma mengatakan, index harga jual batu bara saat ini tiga per empat menggunakan patokan harga luar.

Menurut dia, selama ini Indonesia hanya memiliki referensi harga batu bara untuk penyerahan langsung atau satu bulan ke depan yang mengacu kepada Indonesia COlad Index, yang dikeluarkan oleh Coalindo Energy dan Harga Batu Bara Acuan (HBA) serta Harga Pedoman Batu Bara (HPB) yang dikeluarkan pemerintah Indonesia.

Untuk penentuan harga yang lebih kompetitif, tuturnya, kini PT Bukit Asam Tbk mencatatkan produk batu baranya pada perdagangan fisik batu bara online di Bursa Berjangka Jakarta. Langkah ini diharapkan mampu membentuk referensi harga batu bara untuk penyerahan satu bulan ke depan.

Perdagangan batubara fisik online JFK akan menciptakan indeks harga yang tepat, yang dapat dipercaya, kredibel dan tempat pembentukan harga yang fair.

Kepala Bappebti Sutriono Edi menyatakan perdagangan fisik batubara online yang diinisiasi pelaku bisnis batubara yang bekerja sama dengan bursa berjangka jakarta harus diapresiasi sebagai wujud pengelolaan batubara yang akuntabel, transparan, dan terorganisir.

“Dengan adanya pasar fisik batu bara online ini manfaatnya antara lain sebagai pembentukan dan penyebaran informasi harga yang dilakukan oleh pelaku pasar sebagai salah satu alternatif harga yang selama ini mengacu ke luar negeri,” tukasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s