Hendri Saparini: Siapa Menguasai Energi, Dia Menguasai Negara‏

02 July 2014

Jakarta, GATRAnews – Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE), Hendri Saparini mengatakan Indonesia saat ini sedang mengalami krisis ketahanan energi sehingga harus mengimpor sumber energi dari negara lain. Menurut Hendri, pemerintah terpilih nanti memiliki tugas menyediakan sumber energi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi nasional.

 

“Jangan hanya bicara tentang ketahanan. Tapi bicara tentang kedaulatan energi. Bagaimana caranya kita mengelola sumber energi untuk kebutuhan dalam negeri. Batubara produksinya besar tetapi dikirim keluar untuk memenuhi kebutuhan negara lain,” kata Hendri saat diwawancarai di Jakarta, Selasa (1/7).

 

Padahal menurut Hendri, menguasai sumber daya energi merupakan cara untuk meningkatkan kehidupan ekonomi negara. “Siapa yang menguasai energi, dia akan menguasai negara. Namun hingga saat ini belum ada strategi kebijakan untuk memanfaatkan energi. Cadangan BBM di Indonesia yang memiliki sumbernya tidak sampai 30 hari. Tetapi Korea Selatan mencapai 174 hari. Ini disebabkan tidak adanya strategi yang matang,” kata Hendri.

 

Menurut Hendri, pengelolaan sumber daya alam energi Indonesia dapat memiliki manfaat finansial. Menurutnya, sumber daya energi dapat menjadi sumber penerimaan keuangan negara melalui pajak dan non-pajak. “Berbagai kebijakan diterapkan melalui royalti atau perhitungan economic rent,” kata Hendri.

 

Selain itu, sumber daya alam energi memiliki potensi yang lebih besar sebagai pendorong kegiatan ekonomi. “Energi yang melimpah akan menjadi faktor penting tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat tetapi juga mendorong daya saing negara,” kata Hendri.

 

Hendri berharap presiden terpilih nanti mampu mengambil kebijakan yang tepat mengenai sumber daya energi. “Pemanfaatan BUMN yang mengelola energi harus dioptimalkan,” kata Hendri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s