Penerapan UU Minerba Jadi Topik Hangat di Dunia

Rabu, 02 Juli 2014

OKEZONE.COM. JAKARTA – Pelarangan ekspor bahan mentah (raw material) menyebabkan beberapa reaksi, bahkan hingga larangan tersebut diadukan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Namun reaksi dari beberapa negara tersebut tidak menyurutkan niatan pemerintah untuk melanjutkan larangan ekspor tersebut.

Menurut menteri ESDM Jero Wacik, reaksi sejumlah negara, khususnya negara-negara yang sudah sejak lama menikmati bahan baku dari tambang-tambang di Indonesia, mereka hanya kaget karena semula banyak yang beranggapan kebijakan penghentian ekspor bahan mentah hanya “gertak sambal“ saja.

Menurutnya, dalam pertemuan di APEC di Beijing beberapa waktu lalu, kebijakan penerapan Undang-Undang Minerba di Indonesia itu menjadi topik hangat, karena banyak negara di dunia kaget Indonesia benar-benar menerapkan larangan ekspor mineral mentah.

“Dipikirnya itu hanya “ngeblak-ngeblak” Indonesia. Nanti paling-paling juga tidak dijalankan, ternyata kok bener dijalankan,” ujarnya seperti dilansir Setkab, Rabu (2/7/2014).

Jero menegaskan, pemerintah serius melaksanakan UU Nomor 4 Tahun 2009 itu, dengan memberlakukan larangan ekspor bahan mentah tambang.

“Kita tidak boleh menggaru-garu begitu saja mineral, lumpur yang di dalamnya ada nikel, ada bauksit, mungkin ada segala macam, digaru naik kapal, diekspor, itu yang dulu saya sebut ekspor tanah air, cukup sudah,” tegasnya.

Jero menambahkan, reaksi dunia yang ‘geger’ terhadap sikap Indonesia yang melarang ekspor raw material, menurutnya hal tersebut merupakan niat Indonesia untuk menjaga lingkungan, dan menaikkan nilai tambah.

“Jangan lah bahan mentah diekspor, lebih baik ditambang terus kita bikin smelternya disini, diolah disini, tenaga kerja bisa ditampung banyak, bahan tambang tidak terlalu masif ditambang. Digaru secukupnya, diolah menjadi barang setengah jadi, menjadi bahan jadi, harganya mahal, setelah mahal baru kita ekspor,” pungkas Jero Wacik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s