Grup Sinar Mas Akuisisi Perusahaan Pelayaran

Kamis, 03 Juli 2014

BERITA SATU. Jakarta – Golden Agri Resources Ltd, induk usaha PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR), mengakuisisi 50 persen saham Orchard Maritime Services Pte Ltd, perusahaan pelayaran yang berbasis di Singapura.

Orchard Maritime merupakan anak usaha Louis Dreyfus Armateurs Group (LDA), perusahaan asal Prancis.

Orchard Maritime didirikan pada tahun 2000 sebagai pengelola aktivitas logistik LDA di Asia Tenggara. Perseroan melayani operasi pengangkutan darat dan lepas pantai di Indonesia dan India, terutama layanan untuk industri tambang batubara di Kalimantan.

Armada Orchard Maritime terdiri atas floating cranes yang mampu mengangkut 20.000 ton batubara per hari, serta sejumlah kapal tongkang dengan kapasitas 10-17 ribu ton. Tahun lalu, Orchard Maritime menambah tiga unit kapal kargo berkapasitas 13.000 Day Weight Ton (DWT) dari Samsung Construction & Trading.

Direktur Golden Agri Jesslyne Widjaja mengatakan, akuisisi tersebut sejalan dengan strategi perusahaan untuk mengintegrasikan operasi pengangkutan produk kelapa sawit.

“Kolaborasi dengan Louis Dreyfus memungkinkan kami mencapai efisiensi biaya transportasi domestik dan mempertahankan standar internasional,” ungkap Jesslyne dalam penjelasan resmi ke Bursa Efek Singapura, Rabu (2/7).

Sementara itu, CEO Louis Dreyfus Edouard Louis Dreyfus mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Golden Agri. “Grup kami telah memiliki hubungan baik dengan Indonesia selama lebih dari 25 tahun. Kami bangga bisa menjalin kerja sama dengan Golden Agri, sebuah perusahaan terdepan di sektor komoditas,” jelas Edouard.

Golden Agri, perusahaan kelapa sawit terbesar kedua di dunia milik Grup Sinar Mas, memiliki kebun tertanam seluas 469.000 hektare (ha) di Indonesia. Sebanyak 49,94 persen saham Golden Agri dikuasai oleh keluarga Widjaja melalui Flambo International Ltd.

Selama Januari-Maret 2014, Sinar Mas Agro Resources and Technology atau SMART, anak usaha Golden Agri, membukukan pendapatan sebesar Rp 9 triliun atau meningkat 63,6 persen dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 5,5 triliun. Sebanyak 70 persen dari total pendapatan perseroan berasal dari produk bernilai tambah seperti minyak goreng dan margarin. Laba bersih tercatat sebesar Rp 888,2 miliar, tumbuh 60,5 persen dari Rp 553,1 miliar.

Pada kuartal I-2014, Sinar Mas Agro menghasilkan sebanyak 721.034 ton tandan buah segar (TBS). Jumlah tersebut meningkat 2 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 706.936 ton TBS.

Pada 2014, Sinar Mas Agro mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 1,6 triliun. Sesuai rencana, dana itu akan digunakan untuk menambah kapasitas produksi dua pabrik refinery CPO di Jakarta dan Surabaya sebesar 2.000 ton per hari.

Perseroan juga berencana menambah kapasitas refinery di Belawan sebesar 1.000 ton per hari. Dengan demikian, perseroan berharap dapat mencapai penambahan kapasitas hingga 10.600 ton per hari dalam tiga tahun mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s