Kemenhut Klaim Laju Deforestasi Hutan Rendah

Kamis, 03 Juli 2014

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Kehutanan mengklaim tingkat penggundulan hutan relatif rendah. Pasalnya, laju deforestasi hanya sebesar 24.474,3 hektar.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan penurunan tersebut tak lepas dari kebijakan moratorium pemberian izin baru di hutan primer dan lahan gambut yang dimulai Mei 2011. Kebijakan tersebut telah diperpanjang lima kali dengan dilengkapi dengan  Peta Indikatif Penundaan Izin Baru Revisi ke 5 (PIPIB V).

“Kebijakan itu sudah tepat, membantu usaha Kemeneterian Kehutanan menurunkan laju deforestasi,” katanya di Jakarta, Rabu (2/7).

Klaim itu bertentangan dengan penelitian yang dipublikasikan oleh Nature Climate Change. Publikasi tersebut menunjukkan kebijakan moratorium tak berdampak banyak terhadap laju deforestasi di Indonesia.

Kerusakan hutan primer di Indonesia mencapai 6.02 juta hektar pada 2000-2012 dengan angka deforestasi terbesar pada 2012. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa laju deforestasi di Indonesia nyatanya tak sama dengan publikasi yang diumumkan pemerintah.

Contohnya, Departemen Kehutanan melaporkan jumlah hutan yang hilang sebesar 0,4 juta hektar per tahun dari 2009-2011. Namun, studi ini menemukan bahwa laju kehilangan hutan primer-tahunan sebenarnya jauh lebih tinggi dari itu, sekitar 0,840 hektar per tahun pada tahun 2012.

Berdasarkan data Kemenhut, perambahan hutan dan pembalakan liar pada 2013 telah menimbulkan kerugian negara hingga sebesar Rp1,17 triliun.

Pada 2013, terdapat berbagai kasus perambahan hutan yang ditangani oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kehutanan.

Sejumlah kasus itu antara lain perambahan kawasan hutan produksi Desa Lapao Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara untuk penambangan oleh PT WIL, dan perambahan kawasan hutan lindung Gunung Bawang Kabupaten Bengkayang untuk penambangan oleh PT PHJ.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s