Renegosiasi 40 Perusahaan Tambang Rampung, Newmont Dan Freeport Absen

Kamis, 3 Juli 2014

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Mahendra Siregar melaporkan perkembangan renegosiasi kontrak perusahaan tambang kepada Menteri Perekonomian, Chairul Tanjung.

Menurut Mahendra sudah ada 40 perusahaan tambang yang sudah menyelesaikan renegosiasi dengan pemerintah, namun tidak ada nama Newmont dan Freeport dalam daftar 40 perusahaan yang ada pada daftar.

“Tadi lapor ke Pak Menko mengenai apa yang bisa disampaikan progres dari beberapa proses renegosiasi dan terakhir itu 40-an yang sudah rampung dan kita harapkan bisa diselesaikan dan ditandatangani,” ujar Mahendra Siregar di Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Mahendra mengatakan, kesepakatan yang sudah dicapai antara pemerintah dan 40 perusahaan tambang tersebut merupakan progres yang baik. Sementara untuk sisa perusahaan yang belum menyelesaikan renegosiasi, akan segera diselesaikan pemerintah dalam dekat.

“Tentu akan membawa momentum yang baik untuk sisanya untuk bisa selesai dalam waktu singkat. 40 perusahaan termasuk PKP2B (Perjanjian Kontrak Penambangan Batu Bara),” katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri ESDM, Susilo Suswoutomo mengatakan, PT Newmont Nusatenggara dan PT Freeport Indonesia tidak termasuk ke dalam 40 perusahaan yang sudah menyelesaikan renegosiasi. Saat ini, Newmont dan Freeport masih dalam proses pembahasan.

“Newmont adalah yang termasuk yang sedang kita proses juga, Freeport. Initinya adalah itu tadi renegosiasi tetap berjalan dan kita harapkan selesai secepatnya paling tidak prinsip ke 6 isu yang pernah disampaikan itu selesai. Bagi yang sudah tandatangan itu bisa langsung dilakukan mainment kontrak-kontrak. Akhir tahun selesai lah,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s