Freeport & 107 Perusahaan Tambang Setuju Renegosiasi KK

Rabu, 09 Juli 2014

Bisnis.com, JAKARTA–Perusahaan tambang terkemuka di dunia, PT Freeport Indonesia  dan 107 perusahaan tambang sepakat untuk melakukan renegosiasi kontrak karya pertambangan, sesuai Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

“Wamen ESDM dibantu kepala BKPM dan Dirjen Minerba menyampaikan kabar gembira adalah Freeport itu telah menyetujui renegosiasi kontrak karya,” kata Menko Perekonomian Chairul Tanjung seperti dilansir laman Setkab, Rabu (9/7/2014).

Menurut Chairul Tanjung atau yang akrab dipanggil CT, PT Freeport telah menyetujui  Undang-undang minerba yang berlaku dan juga terkait dengan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Minerba. Persetujuan ini akan segera disampaikan Menko Perekonomian Chairul Tanjung kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sidang kabinet mendatang

“Kami berharap secara cepat hal ini dapat diselesaikan dalam bentuk penandatanganan,” paparnya.

Selain Freeport, kata Menko Perekonomian , ada 107 kontrak karya dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang juga sepakat renegosiasi dengan pemerintah tahun ini.

Ia menyebutkan jumlah kontrak karya mineral dan kontrak batu bara di Indonesia adalah 111 kontrak karya dan PKP2B. Dua diantaranya sudah tidak berlaku sehingga kontrak karya dan PKP2B yang tersisa menjadi 109.

Dari 109 PKP2B itu, menurut Menko, dua mempunyai masalah tumpang tindih izin usaha produksi (IUP) dan masalah pemegang saham, sehingga yang bisa direnegosiasi berjumlah 107 perusahaan.

Ada enam poin renegosiasi kontrak karya yang disepakati antara lain mencakup luas wilayah kerja, perpanjangan kontrak, penerimaan royalti, pengolahan dan pemurnian dalam negeri, divestasi saham dan penggunaan tenaga kerja lokal, barang, serta jasa pertambangan dalam negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s