Ini Penyebab Turunnya Produksi CPO Indonesia

Senin, 14 Juli 2014

Bisnis.com, JAKARTA–Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono mengemukakan, ada dua kemungkinan utama yang menyebabkan penurunan produksi kelapa sawit, baik di Sumatra maupun secara nasional.
Pertama, katanya, adalah telah dimulainya kekeringan di beberapa hamparan areal tanam sehingga mengurangi produktivitas areal tersebut.
Faktor kedua, tutur Joko, adalah pelaku usaha yang masih menahan investasi atau manuver bisnisnya karena situasi ekonomi politik Indonesia yang masih diliputi ketidakpastian akibat berlangsungnya peristiwa politik yaitu Pemilihan Umum 2014.
Hal ini masih ditambah dengan kebingungan pengusaha atas siapa yang akan menjadi presiden RI berikutnya.
“Praktis semua setop dulu. Kami masih menunggu ini pemerintah nya siapa. Kan yang penting bagi pengusaha itu kepastian. Iya kan?” ungkap Joko kepada Bisnis.com, Jumat (11/7/2014)
Selain itu, dia memaparkan bahwa industrialis juga menunggu bagaimana kira-kira posisi pemerintah baru terhadap industri kelapa sawit dan turunannya. Joko mengatakan penting untuk mengetahui bagaimana sentimen presiden baru terhadap industri ini.
Joko menjelaskan, sampai saat ini bisnis kelapa sawit masih sangat menarik, baik di hulu atau pembukaan perkebunan, maupun di hilir seperti pengolahan atau produk turunannya.
Saat ini investor asing yang mencari partner juga banyak, dari Korea dan Jepang. Apalagi kalau kita ngomong food-based, itu masih sangat prospektif sekali, katanya.
Di sisi lain, Joko menepis anggapan bahwa akan terjadi gejolak pada industri nasional apabila kewajiban pencantuman eco-labelling jadi diterapkan di pasar Uni Eropa (UE).
Dia mengungkapkan bahwa sejumlah lembaga non-pemerintah asing akan terus mengusik industri kelapa sawit Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s