Kemira Oyj Memperkuat Posisi Kepemimpinan Globalnya di Industri Bahan Kimia Pulp dan Kertas dengan Mengakuisisi Unit Bisnis Kimia Kertas AkzoNobel

Senin, 14 Juli 2014

HELSINKI, Finlandia, 14 Juli 2014 (ANTARA/PRNewswire) — Kemira telah merampungkan kesepakatan awal untuk mengakuisisi unit bisnis bahan kimia kertas global milik AkzoNobel. Kedua perusahaan ini juga akan menjalin kesepakatan distribusi bisnis silika koloidal AkzoNobel untuk pengaplikasian retensi dan pengeringan bagi industri kertas. Penyelesaian transaksi lengkapnya diperkirakan akan rampung pada kuartal pertama tahun 2015 dan tunduk pada syarat-syarat penutupan transaksi, termasuk penyelesaian proses konsultasi karyawan dan pengesahan dari otoritas persaingan di negara-negara terkait. Nilai Perusahaan dari pengakuisisian bisnis kimia kertas AkzoNobel adalah 153 juta euro.

Unit bisnis bahan kimia kertas AkzoNobel meliputi produk-produk retensi dan sizing, serta bahan kimia kertas lainnya, seperti produk-produk kekuatan basah dan pelapis. Di tahun 2013, pemasukan dari unit bisnis bahan kimia kertas mencapai 243 juta euro (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika 40%, Benua Amerika 30%, dan Asia Pasifik 30%). Lebih dari 50% pemasukan terkait dengan kelas papan pengemas. Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi dan Amortisasi (EBITDA) operasional dari unit bisnis tersebut pada tahun 2013 mencapai 23 juta euro. Dengan pengakuisisian ini, Kemira memperkirakan akan meraup sinergi tahunan lebih dari 15 juta euro pada akhir 2016.

“Kemira adalah pemimpin global dalam penyediaan solusi pengembangan, pengaplikasian, dan pemasokan bahan-bahan kimia untuk industri pulp dan kertas. Pengakuisisian ini merupakan langkah besar di dalam pengimplementasian strategi pertumbuhan kami dan akan secara signifikan meningkatkan posisi kami, terutama di dalam industri papan dan pengemasan, serta memperkuat posisi kami di kawasan Asia Pasifik. Pengakuisisian ini juga membuktikan komitmen kami terhadap industri pulp dan kertas dunia dengan mendiversifikasikan penawaran kami kepada konsumen kami di seluruh dunia. Unit bisnis bahan kimia kertas AkzoNobel merupakan unit bisnis yang sangat tepat bagi Kemira, dan kami berharap untuk dapat meraih sinergi bisnis teknologi dan finansial secara signifikan,” ujar Jari Rosendal, Presiden dan CEO Kemira.

“Kami sangat bangga untuk mengumumkan perampungan kesepakatan awal ini. Kemira adalah pemain mapan dan handal di industri ini dan dengan pengakuisisian unit bisnis Bahan Kimia Kertas kami, kami telah berhasil menerapkan strategi bisnis kami untuk selanjutnya fokus pada posisi terdepan,” ungkap CEO AkzoNobel Ton Buchner. “Divestasi ini memungkinkan unit bisnis Bahan Kimia dan Pulp kami untuk berkonsentrasi pada berbagai aktivitas inti kami.”

Kemira adalah perusahaan kimia global yang melayani konsumen pada industri yang banyak mengkonsumsi air (water-intensive industries). Kami menyediakan keahlian dan bahan kimia yang dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air, energi, dan bahan mentah. Fokus kami ialah pada sektor pengolahan pulp & paper, migas, pertambangan, dan air. Pada thaun 2013, Kemira mengantongi pendapatan tahunan sebesar 2,2 miliar euro dan mempekerjakan sekitar 4500 karyawan. Saham Kemira terdaftar pada  NASDAQ OMX Helsinki Ltd.   

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: