Renuka Coalindo Akuisisi 90% Saham Surya Global

Jumat, 11 Juli 2014

BERITA SATU. Jakarta –Emiten pertambangan batubara, PT Renuka Coalindo Tbk (SQMI) melalui anak usahanya PT Bandargrah Mandiangin Internasional telah mengakuisisi 90 persen saham PT Surya Global Makmur senilai US$ 50.000

“Perjanjian jual beli tersebut telah ditandatangani pada 26 Mei 2014 dan mendapat persetujuan dari KementerianHukum dan HAM pada 23 Juni 2014,” jelas Direktur Utama Renuka Coalindo Shantanu Lath dalam penjelasan resminya di Jakarta, Jumat (11/7).

PT Surya Global Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara dan telah memiliki Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi seluas 2.600 hektar (ha) di daerah Sarolangun, Jambi.

Tahun ini, Renuka Coalindo mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai US$ 1 juta pada 2014. Selain untuk mendukung peningkatan volume produksi, capex juga akan diserap sebagai modal kerja.

Perseroan memiliki rencana jangka menengah untuk mendongkrak produksi batu bara melalui salah satu entitas usahanya yang baru diakuisisi pada bulan November 2011, PT Jambi Prima Coal. Pada tahun 2016, perseroan menargetkan mampu mengganjot volume produksi sebesar 5 juta metrik ton (MT).

Sebagai informasi, Renuka Coalindo mengambil alih 99,99 persen saham Jambi Prima Coal pada November 2011 dari tangan PT Surya Commodities. Laporan The Australian Joint Ore Reserves Committee (JORC) menyebutkan, keseluruhan sumber daya dan cadangan batubara di tambang JPC masing-masing 120,3 juta MT dan 92,6 juta MT.

Sepanjang kuartal I-2014, pendapatan emiten berkode SQMI tercatat naik sekitar 64 persen menjadi US$ 23,19 juta, dari periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai US$ 14,14 juta.

Namun demikian, perusahaan masih tetap membukukan rugi bersih meski nilainya menyusut Pada kuartal I tahun ini nilai ruginya menurun 270 persen menjadi US$ 486.624 dari tahun sebelumnya saat perseroan harus menanggung rugi hingga US$ 1,77 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s