DPR Dorong Pemerintah Genjot Energi Baru & Terbarukan

Kamis, 17 Juli 2014

Bisnis.com JAKARTA– Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat mendorong upaya pemerintah untuk melakukan percepatan pemanfaatan energy baru dan terbarukan salah satunya melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Ketua Komisi VII DPR Milton Pakpahan mengatakan PLTS Karangasem yang berlokasi di Bali merupakan salag satu pilot project pemanfaatan EBTKE yang memiliki kapasitas 1 megawatt.

“Beberapa tahun ini kami mendorong pemerintah untuk melakukan percepatan pemanfaatan RBTKE yang tersebar di seluruh Indonesia dan Karangasem merupakan yang paling besar,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi DPR, Rabu (16/7/2014).

Menurutnya, pemanfaatan energy matahari merupakan yang paling murah, gratis, tinggal dipakai dan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Dia mengatakan PLTS yang didanai oleh APBN tersebut memiliki permasalahan soal pemeliharaan peralatan.

Dia mengungkapkan nantinya listrik dari PLTS tersebut akan dijual untuk masuk dalam jaringan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

”Nah, di jaringan PLN kan ada meterannya, nanti dipatok harganya berapa untuk PLN membayar ke PLTS. Hasilnya, untuk pemeliharaannya, karyawan dan pengembalian investasi,” ujarnya.

Pihaknya mendesak agar pemerintah segera mengeluarkan aturan tentang harga listrik per kilowatt per jam untuk pembengkit jenis PLTS ini. “ Kalau itu sudah diberlakukan dan ditambah dengan melihat situasi spesifikasi daerahnya, jadi ada angka indeks plus yang akan diberlakukan,” terangnya.

Kini, pihaknya akan melakukan pembicaraan dengan pemerintah daerah untuk penyerahan asset Negara tersebut sehingga pemerintah daerah memiliki tanggung jawab.  Dengan demikian, harapannya, pemerintah daerah akan memelihara dan mengengembangkan sehingga setiap daerah memiliki kemampuan dan kemandirian untuk mensuplai listrik yang selama ini tergantung dari PLN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s