Pemerintah Harap Ekspor Furnitur Capai US$5 Miliar

Kamis, 17/07/2014

NERACA

Jakarta – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian berharap agar adanya peningkatan ekspor furnitur dalam negeri. Pada tahun 2013, tercatat ekspor furnitur dalam negeri mencapai US$1,7 miliar dan di harapkan dalam waktu lima tahun kedepan bisa meningkat menjadi US$5 miliar. Hal tersebut seperti diungkapkan Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto di Jakarta, Selasa (15/7).

“Furnitur adalah industri yang kita dorong terus, saya kira untuk lima tahun kedepan ekspor bisa mencapai US$5 miliar, dan angka tersebut merupakan angka yang realistis,” kata Panggah. Ia menjelaskan Republik Rakyat Tiongkok dan Malaysia mampu menjadi produsen furnitur yang besar, dan oleh sebab itu, Indonesia harus mampu mencapai target tersebut dalam waktu lima tahun kedepan. “Capaian harus diupayakan, itu sangat realistis terlebih jika melihat Tiongkok dan juga Malaysia yang bisa melakukan hal tersebut,” ujar Panggah.

Menurut Panggah, pemerintah sendiri telah memberikan andil besar dalam industri furnitur dalam negeri, salah satunya melalui adanya pelarangan ekspor bahan mentah yang belum diolah agar bisa diproduksi untuk memberikan nilai tambah. “Paling tidak peran pemerintah sudah membentengi agar bahan metah tidak diekspor sebelum diolah, kita mendengarkan aspirasi pelaku industri furnitur dalam negeri,” ujar Panggah.

Pada 2013, total ekspor produk furnitur Indonesia mencapai nilai US$1,7 miliar, menempatkan Indonesia sebagai eksportir produk furnitur ke-18 dunia, dengan pangsa pasar 1,12%. Kinerja ekspor Indonesia tersebut masih dibawah kemampuan ekspor mebel Vietnam yang mampu mencapai nilai US$5,4 miliar dan menduduki peringkat eksportir ke-7 terbesar dunia.Next

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s