Genjot produksi, Sawit Sumbermas bangun tiga PKS

KONTAN. JAKARTA. PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk berencana membangun tiga pabrik kelapa sawit (PKS) dalam waktu tiga tahun mendatang. Langkah ini sejalan dengan target produksi crued palm oil (CPO) yang dalam setahun bisa naik 20%.

Rencananya perusahaan ini akan membangun pabrik masing-masing dengan kapasitas 30 ton sampai 45 ton per jam. Pabrik akan berlokasi di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Harry M. Direktur Sawit Sumberamas Sarana menyebut, total pembangunan pabrik diperkirakan akan memakan biaya sebesar Rp 90 miliar sampai Rp 100 miliar. Saat ini, perusahaan masih mengajukan izin dan persiapan lahan. “Namun kami masih fokus untuk memaksimalkan kapasitas pabrik yang ada saat ini. Utilitasnya baru 70% hingga 80%,” ujar Harry pada Jumat (18/7).

Ia juga menambahkan, hingga akhir tahun pihaknya masih mengusahakan untuk mengakuisi lahan tanam baru. Sebelumnya, perusahaan berencana untuk mengembangkan lahan perkebunan seluas 5.500 hektar (ha) sampai 6.000 ha setiap tahunnya.

Biaya diprediksi mencapai Rp 60 juta/ha. Sawit Sumbermas Sarana memilih untuk menanam tanam pada lahan yang belum tertanam. Luas lahan perusahaan atau land bank mencapai 41.000 hektar (ha). Sementara luas tertanam saat ini baru sekitar 34.000 ha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s