“Luar Biasa, Paser Berkembang Pesat”

Senin, 21 Juli 2014

Kaltim Post. TANAH GROGOT –  Luar biasa Paser. Saat ini, kabupaten yang berada di wilayah paling selatan Provinsi Kaltim sudah semakin maju dan berkembang begitu pesat dengan hasil-hasil pembangunan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan, di sektor perkebunan, Kabupaten Paser merupakan kawasan pengembangan kelapa sawit di wilayah Provinsi Kaltim.
Penegasan itu disampaikan Wabup Kaltim HM Mukmin Faisal dalam Safari Ramadan Pemprov Kaltim di Masjid Agung Nurul Falah Tana Paser, (17/7) lalu. Kegiatan diawali buka puasa bersama di Grand Sadurengas Hotel, dilanjutkan tarawih di Masjid Agung Nurul Falah Tana Paser, dihadiri jajaran pejabat di lingkungan Pemprov Kaltim. Sedang pejabat Paser yang hadir, selain Ketua DPRD Paser H Kaharuddin juga tampak Asisten III Setkab Paser Asmuni Samad yang hadir mewakili bupati Paser.
Sebagai kabupaten maju dan berkembang, Paser tidak hanya sudah melakukan pengelolaan  sumber daya alam (SDA) tapi juga telah mengembangkan sektor agroindustri, yaitu pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan secara maksimal dan terintegrasi hingga mampu mengubah daerah ini menjadi semakin maju, makmur, dan sejahtera.
“Paser merupakan kabupaten yang dianugerahi kekayaan sumber daya alam yang besar, khususnya hasil hutan dan pertambangan, yakni batu bara, nikel, batu gamping dan marmer yang sudah diekspor ke luar negeri maupun diolah di dalam negeri,” bebernya.
Mukmin mengaku, Paser adalah tanah harapan masa depan. Tanahnya subur sehingga sangat potensial untuk pengembangan pertanian dalam arti luas dan tempat bergantung harapan dan cita-cita. “Tidak hanya itu, Paser memiliki keragaman seni budaya dan potensi pariwisata yang cukup banyak, sangat indah dan menawan,” tambahnya.
Mantan Ketua DPRD Kaltim ini menegaskan, pemprov sangat mendukung dan terus berupaya memberikan bantuan bagi suksesnya pembangunan di daerah ini.
“Pembangunan infrastruktur baik jalan dan perumahan layak huni terus berlangsung di daerah ini. Termasuk upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti rumah sakit serta sarana pendidikan maupun kebutuhan dasar lainnya,” katanya.
Namun, ketua DPD Partai Golkar Kaltim ini menyatakan, besarnya potensi ekonomi dan SDA tidak akan berarti apa-apa, apabila pemerintahan tidak berjalan baik. Sebaliknya, justru berimbas pada nasib rakyat karena tidak mendapatkan perhatian dan layanan maksimal.
Pemkab Paser bersama seluruh komponen masyarakat harus saling dukung untuk membawa Paser menuju situasi dan kondisi daerah lebih sejahtera, aman dan kondusif. “Bupati dan jajarannya, saya harapkan mampu melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan yang sinergi dengan pembangunan guna mewujudkan Kaltim sejahtera yang merata, berkeadilan berbasis agroindustri dan energi ramah lingkungan,” imbuhnya.
Terhadap agenda rencana pembangunan jangka menengah daerah  “Kaltim Maju 2013-2018, dijelaskan pemprov telah menargetkan pencapaian pembangunan prioritas yang dilakukan guna meningkatkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.
Tiga program prioritas yang ditetapkan, yakni pembangunan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan dan kesehatan, pembangunan infrastruktur baik jalan, jembatan, pelabuhan, dan bandara serta pembangunan pertanian.

“Pembangunan yang kami laksanakan tidak akan terlaksana dengan sukses tanpa dukungan semua pihak terlebih pemerintah kabupaten dan kota serta seluruh lapisan masyarakat Kaltim. Mari bersatu demi kemajuan Kaltim,” imbuh Mukmin Faisal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s