PERKEBUNAN TEBU: Tim Independen Ditugaskan Investigasi Angka Rendemen

Kamis, 17 Juli 2014

Bisnis.com, JAKARTA–Pemerintah menerjunkan tim independen untuk melakukan investigasi angka rendemen yang selama ini dinilai menjadi akar kemelut antara petani dan pabrik gula (PG).

Nurnowo Paridjo, Direktur Tanaman Semusim Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian, mengungkapkan, tim ini berisikan seluruh pemangku kepentingan plus anggota independen dari perguruan tinggi.

“Nanti tim ini yang akan melansir berapa sih sebenarnya rendemen kita dan angka ini akan dipercaya oleh semua pihak. Jadi tidak ada lagi
dusta diantara kita,”  ujarnya, Kamis (17/7/2014).

Dia mengungkapkan, selama ini petani dan PG seringkali saling mencurigai sehingga semakin memperburuk situasi pergulaan nasional.

Seperti dilansir oleh Dewan Gula Indonesia (DGI) pada Taksasi Maret 2014 lalu, Nurnowo menyebutkan angka rendemen ditargetkan mencapai 8,07%, namun dinamika cuaca membuat posisi rata-rata rendemen nasional saat ini hanya 6,7%.

Selain itu, dia mengemukakan penurunan angka rendemen ini otomatis membuat target produksi yang dicanangkan pada tahun ini sebesar 2,9 juta ton turun di kisaran 2,57 juta ton.
Meskipun demikian, Nurnowo menyebutkan bahwa penurunan rendemen tersebut hanya berlaku di areal kebun rakyat, bukan swasta. Saya baru dapat laporan kalau rendemen areal perkebunan milik swasta ada yang mencapai 8,17%, katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s