Usaha Kecil Akan Dibantu Sertifikasi Legalitas Kayu

Senin, 21/07/2014

NERACA

Jakarta – Kementerian Kehutanan (Kemenhut) akan membantu pelaku usaha kecil menengah (UKM) sektor kehutanan menerapkan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp3 miliar pada 2014. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan selama ini pelaku UKM merasa keberatan dengan kebijakan pemerintah menerapkan SVLK bagi produk kehutanan dengan alasan biaya terlalu besar untuk industri skala kecil menengah.

“Ada dana APBN yang dialokasikan untuk membiayai UKM menerapkan SVLK, jadi mereka tak perlu khawatir lagi,” kata Menhut di Jakarta, akhir pekan lalu, di sela buka puasa bersama jajaran Kementerian Kehutanan serta pemangku kepentingan sektor kehutanan, sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (20/7).

Menhut menyatakan untuk mendapatkan bantuan tersebut industri UKM harus membentuk kelembagaan seperti koperasi sehingga nantinya lebih memudahkan dalam penyalurannya. Menurut dia, nantinya bantuan tersebut langsung disalurkan ke lembaga atau koperasi tersebut bukan UKM satu per satu. “Dengan bantuan ini nantinya penerapan SVLK tidak lagi menjadi hambatan untuk UKM,” katanya.

Sementara itu menanggapi industri dalam negeri yang lebih memilih memilih menggunakan skema sertifikasi yang dikembangkan oleh organisasi asing kehutanan daripada SVLK sebagai acuan pembelian produk, Zulkifli menyatakan, pihaknya akan terus menyosialisasikan SVLK. “Penerapan SVLK ini tidak bisa dipaksakan tapi kami akan terus melakukan sosialisasi kepada mereka,” katanya.Next

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s