Enam Perusahaan Tambang Telah Lakukan Pemrosesan Bahan Mentah

Jumat, 25 Juli 2014

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaporkan terdapat enam perusahaan yang sudah memasuki tahap produksi untuk pemrosesan barang tambang. Keenam perusahaan tersebut ada yang telah lama beroperasi dan ada yang baru.

“Secara umum ada enam perusahaan yang sudah dalam tahap produksi untuk pemrosesan barang tambang. Dari enam perusahaan itu, tiga di antaranya memang sudah lama beroperasi dan tiga lagi baru selesai,” kata Kepala BKPM Mahendra Siregar di kantornya, Kamis (24/7/2014).

Mahendra menjelaskan, bahan tambang yang diproses keenam perusahaan tersebut antara lain nikel oleh dua perusahaan, bijih besi dua perusahaan, tembaga satu perusahaan, dan bauksit satu perusahaan.

“Yang baru itu di bijih besi, ada PT Meratus Jaya Iron and Steel dan PT Delta Prima Steel. Bauksit ada PT Indonesia Chemical Alumina. Nilai investasi 6 perusahaan tersebut mencapai 2,251 miliar dollar AS,” ujar Mahendra.

PT Meratus Jaya Iron and Steel melakukan kegiatan produksi di Kabupaten Tanah Kumbu, Kalimantan Selatan dengan investasi 142,3 juta dollar AS. Sementara itu, PT Delta Prima Steel melakukan kegiatan produksi di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan dengan nilai investasi 26,9 juta dollar AS.

Pengolahan nikel dilakukan oleh PT Vale Indonesia Tbk di Kabupaten Soroako, Sulawesi Selatan dengan nilai investasi 580 juta dollar AS dan PT Aneka Tambang Tbk di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggata dengan nilai investasi 297,7 juta dollar AS.

Sementara itu, pengolahan tembaga dilakukan oleh PT Smelting di Kabupaten Gresik, Jawa Timur dengan nilai investasi 852,6 juta dollar AS dan PT Indonesia Chemical Akumina di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dengan nilai investasi 352,2 juta dollar AS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s