Investasi Kehutanan Masih Prospektif, Banyak Permohonan Izin Baru

Selasa, 22 Juli 2014

Bisnis.com, JAKARTA–Pemerintah mengklaim bisnis kehutanan masih sangat prospektif yang dibuktikan dengan masih banyaknya permohonan pengelolaan izin hutan alam (HA), hutan industri (HTI) serta restorasi ekosistem (RE).

Dari catatan Bisnis, ada 11 izin pengelolaan hutan yang dirilis oleh Kementerian Kehutanan pada semester I/2014, yang terdiri dari 2 izin HA, HTI sebanyak 11 izin dan 3 izin untuk RE.

Sekretaris Jendral Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto menuturkan, pihaknya tengah gencar mendorong perampingan dan percepatan regulasi guna mendongkrak investasi di sektor kehutanan.

“Jadi kami pangkas semua regulasi dan perizinan pengelolaan, salah satunya seperti untuk LHP yang dipermudah menjadi hanya 2×24 jam,” katanya, Selasa (22/7/2014).

Kementerian Kehutanan melansir, sampai paruh pertama tahun ini, investasi di subsektor HA mencapai Rp24,67 miliar dan HTI sebesar Rp52,71 miliar dengan luas areal menembus 1,01 juta ha.

Selain faktor perizinan, Hadi menjabarkan faktor penurunan ekspor kayu dan turunannya dari Vietnam ke China turut mendongkrak permintaan produk hasil hutan dari Indonesia.

Adapun, lanjutnya, adanya PP 12/2014 mengenai penggantian nilai tegakan (PNT) juga mengerek harga kayu di level internasional karena suplai yang menipis, sehingga membuat pengusaha hutan menjadi lebih bersemangat.

Ke depan, dia menjelaskan Kemenhut telah menginisiasi adanya pengelolaan areal hutan tanaman energi (HTE) yang membuka lini bisnis kehutanan baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s