Lakukan replanting, Asian Agri rogoh Rp 250 miliar

KONTAN. JAKARTA. Asian Agri tahun ini akan mengeluarkan investasi sekitar Rp 250 miliar untuk kebutuhan penanaman kembali kebun sawitnya (replanting).

Freddy Widjaja, General Manager Asian Agri mengungkapkan sudah sejak beberapa tahun terakhir ini, Asian Agri melakukan replanting kebun sawit. Menurutnya dengan usia Asian Agri yang saat ini mencapai 27 tahun, sudah saatnya melakukan replanting agar produksi sawit tidak menurun.

“Usia produksi sawit itu sekitar 25-30 tahun, kalau sudah diatas itu pohonnya semakin tinggi akan sulit di panen,” tutur Freddy kepada KONTAN, akhir pekan lalu.

Selain itu, dengan melakukan replanting dengan bibit yang baru, membuat produksi sawit akan lebih banyak. Freddy mencontohkan, pohon atau bibit lama setiap hektarenya memproduksi 5-6 ton. Sedangkan dengan bibit baru, mampu memproduksi 7-8 ton per hektare.

Sampai saat ini, dari total lahan 100.000 ha sawit yang dikelola Asian Agri, sekitar 20-25% sudah di replating. “Targetnya setiap tahun ada 5.000 ha sawit yang replanting. Dimana setiap hektare itu investasinya Rp 50 juta,” ujarnya.

Itu artinya, setiap tahun investasi yang dikeluarkan Asian Agri untuk replanting mencapai Rp 250 miliar. “Demi perbaikan yield,” ungkap Freddy.

Saat ini produksi sawit Asian Agri mencapai 1 juta ton per tahun. Dimana 50%-nya berasal dari kebun perseroan, 25% dari petani plasma, dan 25% dari petani swadaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s