Pasar Internasional Belum Pulih

Kamis, 31 Juli 2014

KALTIM POST. SAMARINDA – Bergerak turun sejak Juni lalu, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kaltim kembali turun untuk Agustus mendatang. Pemicunya pun masih sama, yakni pasar crude palm oil (CPO) yang masih lesu.
Lewat rapat yang digelar bersama perwakilan pengusaha dan petani sawit beberapa waktu lalu, Agustus nanti, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menetapkan harga TBS untuk usia 10-25 tahun menjadi Rp 1.765,04 per kilogram. Harga tersebut lebih rendah dari bulan sebelumnya yang sebesar Rp 1.767,66 per kilogram. (silakan lihat info grafis)
Kepala Disbun Kaltim Etnawati Usman menegaskan, penurunan ini bukan disebabkan penurunan kualitas TBS di Bumi Etam. Sama seperti bulan sebelumnya, kondisi ini kata dia, merupakan buntut dari lesunya penjualan CPO internasional. Padahal, di sisi lain, produksi dan pasokan bahan mentah dari berbagai produsen terus meningkat.
“Untungnya, kebutuhan sawit domestik masih tinggi. Jadi, produksi para petani masih akan tertampung,” ucapnya. Sementara itu, berbagai isu eksternal seperti digelarnya pemilihan presiden beberapa waktu lalu pun, disebutnya tak berdampak.
Sekadar informasi, tren negatif harga TBS sudah terjadi sejak Juni lalu. Artinya, penurunan terjadi dalam tiga bulan secara beruntun.
Padahal, setelah turun pada Juni lalu, banyak pihak memprediksi harga TBS akan segera kembali ke jalur positif. Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Kaltim Abdul Halim Johar mengatakan, prediksi tersebut berdasar pada kemungkinan peningkatan konsumsi saat Ramadan.
“Kami yakin mulai bulan depan (Juli, Red), harga TBS akan meningkat. Karena seperti diketahui, permintaan di luar negeri juga mulai naik,” ujarnya.
Selain TBS, penurunan harga juga terjadi pada harga CPO dan Kernel. Agustus mendatang, dua olahan tanaman sawit tersebut ditetapkan sebesar Rp 8.153,68 dan Rp 4.997,04 per kg. Lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang masing-masing masih Rp 8.156,74 dan Rp 5.118,25 per kg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s