PRODUKSI GULA: Swasembada Mustahil Terlaksana Dalam Waktu Dekat

Rabu, 30 Juli 2014

Bisnis.com, JAKARTA— Asosiasi Pengusaha Gula & Terigu Indonesia (APEGTI) pesimistis swasembada gula yang sebelumnya dicanangkan pada tahun ini dapat terlaksana dalam waktu dekat, sebab kapasitas lahan tebu masih minim serta 75% dari total pabrik gula nasional berumur lebih dari 30 tahun.

Ketua Umum Apegti Natsir Mansyur mengatakan berkaca dari produksi tahun lalu sebesar 2,5 juta ton, maka pada 2014 ini diperkirakan tidak ada kenaikan produksi yang signifikan. Menurutnya kenaikan produksi tahun ini tidak akan mencapai 500.000 ton.

“Jadi rencana untuk swasembada gula belum akan terjadi, memang ada pembangunan pabrik baru tetapi kalau bahan bakunya tidak tersedia itu percuma. Apalagi pabrik gula kita berumur tua semua,” tuturnya kepada Bisnis.com baru-baru ini.

Dia mengatakan konsumsi gula akhirnya akan diisi oleh barang impor, mengingat tahun ini proyeksi konsumsi gula mencapai 2,9 juta ton. Menurutnya terhambatnya target swasembada gula akibat tidak adanya sinergisitas antar sektoral.

“Ketika pabrik dibangun, bahan bakunya harus ada. Begitu juga sebaliknya, bahan baku melimpah harus juga bisa diserap dari pabrik-pabrik yang ada,” ucapnya.

Natsir memproyeksi lima tahun mendatang produk gula akan dibanjiri oleh barang impor yang sudah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. Dirinya berharap pemerintah menyusun regulasi impor gula agar industri dalam negeri dapat terlindungi.

Dia menambahkan pemerintah yang baru diharapkan punya terobosan dalam mengatasi penambahan luas lahan tebu, modernisasi teknologi mesin pabrik gula, hingga menahan maraknya penjualan gula rafinasi.

Menurut data yang dihimpun Bisnis, tercatat sentra produksi gula masih terpusat di Pulau Jawa, dengan rincian luas areal budidaya tebu 305.302 hektare, jumlah tebu digiling 23.381.748 ton dan gula dihasilkan 1.870.890 ton.

Sementara di luar Jawa, luas areal budidaya tebu sekitar 157.490 ha, jumlah tebu digiling 22.800.577 ton dan gula dihasilkan 1.056.596 ton.

Tidak hanya kendala teknis yang menghalangi swasembada gula tahun ini, tetapi juga adanya elnino yang disinyalir mempengaruhi hasil panen tebu yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s