Renegoisasi Tambang akan Mengurangi Defisit Neraca Perdagangan

Minggu, 27 Juli 2014

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Renegoisasi tambang yang dilakukan pemerintah terkait Kontrak Karya (KK) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B)  sejumlah perusahaan pertambangan telah memerhatikan beberapa isu seperti diantaranya adalah isu kewajiban smelter dan isu lainnya seperti penambahan royalti.

Thelisa Felianty, pengamat ekonomi, mengatakan hal ini dapat memperbaiki defisit neraca perdagangan mengingat potensi ekspor yang besar untuk sektor mineral yang mencapai 6 miliar dollar AS.

“Potensi ini besar karena ekspor mineral akan memperkecil defisit neraca perdagangan namun masih butuh proses,” katanya ketika dihubungi di jakarta, Minggu (27/07/2014).

Defisit neraca perdagangan masih menjadi perhatian pemerintah. Penerapan kewajiban pembangunan smelter untuk ekspor mineral merupakan suatu hal yang dikhawatirkan akan menghambat ekspor indonesia.

“Makanya kita berharap (renegoisasi)dampaknya positif,” katanya.

Pada April 2014, defisit neraca perdagangan sebesar 1,96 miliar dollar AS. Terjadi defisit di sektor migas dan non migas sebesar 1,07 miliar dollar AS dan 0,89 miliar dollar AS.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) menegaskan proses renegoisasi KK dan PKP2B sudah dipastikan selesai. Dia mengatakan  ada 107 renegoisasi KK dan PKP2B yang telah selesai pembahasannya.

Namun masih membutuhkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk mendukung renegoisasi tersebut. PMK yang akan dikeluarkan masih menunggu revisi bea keluar dalam ekspor mineral terkait UU Minerba yang mengatur kewajiban pembangunan smelter.

Sebagai informasi, keenam poin renegosiasi itu yakni pembangunan smelter, luas lahan tambang, perubahan perpanjangan kontrak (KK) menjadi izin usaha pertambangan (IUP), kenaikan royalti untuk penerimaan negara, divestasi, serta penggunaan barang dan jasa pertambangan dalam negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s