Tambang Eks Koba Tin Masih Terbengkalai

Rabu, 30 Juli 2014

INILAHCOM, Jakarta – Pembagian saham kepemilikan untuk tambang timah eks PT Koba Tin masih belum resmi.

Untuk porsi kepemilikan saham antara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Bangka Belitung dan Badan Usaha Milik Nasional (BUMN) PT Timah Tbk masih menunggu keputusan pemerintah. Akibatnya eksploitasi tambang timah di lokasi proyek menjadi terbengkalai.

“Setelah pembagian saham selesai dan diputuskan, baru nanti kami lakukan eksplorasi dan eksploitiasi,” kata Corporate Secretary PT Timah, Agung Nugroho, kemarin.

Agung menjelaskan, perseroan masih terus menunggu keputusan pemerintah terkait pembagian saham yang akan diterima PT Timah dan BUMD. Perseroan mengharapkan kepemilikan saham PT Timah di areal tambang eks Koba Tin itu sebesar 40%.

Melalui porsi pembagian saham yang diputuskan, perseroan bakal melakukan kalkulasi penghitungan aset dan cadangan timah di lokasi proyek tersebut. Dengan demikian PT Timah bisa mengkaji besaran proyek investasi serta perolehan keuntungan ke depannya.

“Setelah cadangan diketahui, baru kami melakukan kalkulasi. Misalkan oke ya kami akan tawarkan kontrak sekian tahun,” ujarnya.

Agung mengakui penghitungan cadangan produk tambang menjadi prioritas utama perseroan. Ia khawatir cadangan timah di lokasi tambang itu tak sebesar yang diharapkan.

“Utamanya cadangan dulu. Evaluasi cadangannya dulu kalau nggak menguntungkan ngapain ikut,” ujar dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s