Menhut Sepakat HPH 1 Perusahaan di Riau Diberikan ke Rakyat

Selasa, 05/08/2014

DETIK.COM. Pekanbaru – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan setuju Hak Penguasaan Hutan (HPH) PT Diamon Raya Timber di Riau dilepas ke masyarakat. Ini guna menghindari akses pencurian lahan yang berimbas pada kebakaran hutan.

Hal itu disampaikan Zulkifli di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa (5/8/2014). Zulkifli menjelaskan, salah satu kawasan yang saat ini terbakar adalah di lokasi eks HPH PT Diamon Raya Timber di Kabupaten Rohil dan Dumai. Perusahaan perkayuan ini tidak lagi beroperasi di lahan tersebut.

Kondisi itu akhirnya berimbas pada penguasaan lahan secara ilegal oleh masyarakat. Lahan pun dibuka untuk perkebunan secara membabi buta.

“Kalau begitu, maka saya juga sepakat sebaiknya HPH PT Diamon Raya Timber statusnya dikembalikan ke daerah untuk dilepaskan ke masyarakat,” kata Zulkifli.

Namun demikian, Zulkifli mengingatkan, agar HPH yang sudah lama tak beroperasi itu tidak disalahgunakan untuk perkebunan sawit. Dia meminta Pemda setempat agar lahan diperuntukkan tanaman kehidupan.

“Ya tentunya bukan untuk kebun sawit. Konsesi itu harus untuk tanaman kehidupan seperti perkebunan karet atau tanaman kehutanan lainnya. Sedangkan sawit tidak termasuk bagian tanaman kehutanan,” kata Zulkifli mengingatkan.

Lokasi kebakaran di konsesi HPH saat ini, kata Zulkifli, memang sulit untuk dipadamkan. Ini karena di lokasi itu merupakan kawasan gambut yang kedalamannya lebih 5 meter.

“Jadi ke depan, konsesi itu kita kembalikan saja ke rakyat. Namun saya pesan, jangan sampai pelepasan kawasan ini menjadi traksaksi jual beli lahan,” kata Zulkifli.

Zulkifli menambahkan di pengujung masa jabatannya, kawasan itu harus benar-benar dikembalikan ke tangan rakyat, terutama warga Riau. “Jangan sampai orang kampung saya menguasai lahan di Riau,” kata pria kelahiran Lampung ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s