Inilah Aturan Ekspor Batu Bara Versi Kemendag

Kamis, 7 Agustus 2014

INILAHCOM, Jakarta – Kemendag menyampaikan per 1 September akan memberlakukan pelaksanaan ekspor batu bara terlebih dahulu memperoleh eksportir terdaftar (ET) batu bara dari pemerintah.

Plt Direktur Ekspor Industri dan Pertambangan Kemendag, Thamrin Latuconcina menjelaskan setiap batu bara dan produk batu bara yang akan diekspor wajib dilakukan verifikasi sebelum muat barang ke atas kapal dan ke dalam peti kemas.

“Pengakuan sebagai ET Batubara ditetapkan oleh Dirjen Perdagangan Luar Negeri,” ujar Thamrin Latuconcina di Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Ia menjelaskan untuk memperoleh pengakuan sebagai ET Batu bara, perusahaan harus mengajukan permohonan kepada Dirjen Perdagangan Luar Negeri. “ET Batu bara ini berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang,” katanya.

“Pengajuannya harus melampirkan fotokopi IUP Operasi Produksi, IUPK Operasi Produksi, dan penjualan atau IUP Operasi Produksi khusus untuk pengolahan dan pemurnian,” jelasnya.

Ia menambahkan perusahaan juga perlu melampiran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP), yang direkomendasikan Dirjen Minerba Kementerian ESDM. Peraturan tersebut sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 39 Tahun 2014 tentang Pengaturan Ekspor Batubara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s