Permendag Baru Berpotensi Tingkatkan Ekspor Hingga 17,19%

Kamis, 07 Agustus 2014

OKEZONE.COM. JAKARTA – Hari ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mulai melakukan sosialisasi mengenai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 39 Tahun 2014. Permendag yang berisikan mengenai peraturan Ekspor Batu bara ini akan mulai berlaku tanggal 1 September 2014.

Dengan adanya peraturan tersebut, Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi memperkirakan nilai ekspor batubara berpotensi meningkat sampai 17,19 persen.

“Dengan dikeluarkannya ketentuan ekspor batubara dan produk batubara (Permendag Nomor 39/M-DAG/ PER/7/2014) yang mulai berlaku 1 September 2014, maka nilai ekspor batubara di 2014 diperkirakan meningkat 17,19 persen dan volumenya diperkirakan meningkat 16,52 persen,” ujar dia, Kamis (7/8/2014).

Lutfi juga mengatakan bahwa peraturan yang dikeluarkan pada 15 Juli 2014 tersebut memiliki tujuan pemanfaatan batubara harus dipergunakan seoptimal mungkin untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, serta dikelola secara berkelanjutan dengan efisien dan efektif.

“Peraturan tersebut untuk mencegah terjadinya eksploitasi berlebihan, menjamin pemenuhan kebutuhan produk batubara di dalam negeri, dan mendukung upaya tertib usaha dan mempermudah penelusuran (traceability) produk pertambangan batu bara,” lanjutnya.

Disisi lain peraturan tersebut juga bertujuan untuk menata kewajiban pembayaran iuran produksi/royalti, serta menciptakan kepastian usaha dan kepastian hukum bagi para pelaku usaha tambang.

“Dengan adanya peraturan itu untuk menertibkan eksportir di tambang batubara, sehingga tidak ada lagi terjadi penambang liar dapat melakukan ekspor tanpa memiliki izin dari Kementerian Perdagangan,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s