Ekspor Ilegal Batu Bara: Pemerintah Indonesia Berguru ke China

Jum’at, 08 Agustus 2014

Bisnis.com, JaKARTA — Praktik perdagangan ilegal batu bara di Indonesia masih marak terjadi. Akibatnya, Pemerintah Indonesia rela meluangkan waktu untuk belajar ke Pemerintah China untuk menanganinya.

Sekretaris Ditjen Mineral dan Batu bara Paul Lubis mengatakan pemerintah China berhasil meminimalisasi praktik perdagangan batu bara ilegal. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia menjadikan negara itu sebagai rujukan.

“China berhasil mengatur dan menata sektor pertambangan batu baranya. Mereka berhasil menekan praktik tambang ilegal, ini yang ingin pemerintah tiru,” katanya, Jumat (8/8/2014).

Dia menjelaskan negara berjuluk Negeri Tirai Bambu itu berhasil menerapkan sistem tata niaga batu bara secara online yang terintegrasi.

Melalui sistem tersebut, Pemerintah China mampu mengontrol alur perdagangan batu bara di negara itu.

“Sistem inilah yang akan kami tiru, sebenarnya sistemnya sudah ada, akan tetapi teknisnya yang perlu kami sempurnakan,” jelasnya.

Lebih jauh, Paul yakin melalui sistem online yang terintegrasi tersebut perdagangan batu bara ilegal dapat ditekan dan kebocoran pendapatan negara tidak akan terjadi lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s