Perlu Rp 34 Miliar

Sabtu, 09 Agustus 2014

KALTIM POST. BALIKPAPAN – Penyelesaian pembebasan lahan jalan tol Balikpapan-Samarinda, khusus paket V mustahil rampung tahun ini. Pasalnya, memasuki triwulan ketiga belum separuh lahan yang berhasil dibebaskan. Pembebasan lahan di Kelurahan Karang Joang baru 38,57 persen. Sementara pembebasan lahan di Kelurahan Manggar sekitar 40,48 persen.
Kabag Humas dan Protokol Setkot Balikpapan Sudirman Djayaleksana menjelaskan, keperluan lahan berdasarkan Detail Engineering Design (DED) mencapai 896.247 meter persegi. Itu terdiri dari 430.704 meter (144 bidang/persil) di Karang Joang dan 465.543 meter (79 bidang/persil) di Kelurahan Manggar.
“Itu data keperluan kita, tapi kenyataan di lapangan masih bisa berubah. Misalnya ada pemilik lahan yang lahannya hanya terpakai sebagian tapi meminta dibebaskan seluruhnya. Kami berupaya agar persoalan pembebasan lahan bisa cepat. Tapi tentu kendala di lapangan tetap ada,” terangnya.
Seperti persoalan tumpang tindih kepemilikan antara satu dan lainnya saling mengklaim dengan bukti-bukti. Permasalahan tanaman di wilayah yang termasuk hutan lindung. Kepemilikan lahan yang tidak jelas. Juga permintaan harga pembebasan lahan yang jauh di atas harga pasar.
Tak hanya soal tanah, pemkot juga harus mengganti rugi bangunan sebanyak 54 bangunan di Karang Joang dan 17 bangunan di Manggar. Ini baru terealisasi 31,84 persen. Juga harus menyelesaikan ganti rugi tanaman 58 blok di Karang Joang dan 5 blok di Manggar yang baru terealisasi 28,25 persen.

“Keperluan anggarannya Rp 34,5 miliar lebih sudah tersedia tapi jumlah itu masih bisa berubah-ubah,” ungkapnya.

Kapan persoalan lahan ini selesai, Dirman tak bisa menjanjikan. Pemkot akan mengupayakan secepat mungkin.
Seperti diketahui, pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda mendapat angin segar lantaran akan dikucurkan Rp 1,5 triliun dari APBN dan Rp 2 triliun dari APBD Kaltim secara bertahap selama empat tahun ke depan. Ini untuk mengerjakan paket I dan paket V yang membentang dari Kariangau, Balikpapan sampai Samboja, Kukar. Khusus paket V pembebasan lahannya menjadi tanggung jawab Pemkot Balikpapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s