Asian Agri Siapkan 2.100 Hektare untuk Replanting Sawit

Selasa, 12 Agustus 2014

Bisnis.com, PEKANBARU–PT Asian Agri Group menyediakan lahan seluas 2.100 hektare di Riau untuk proses penanaman kembali atau replanting tanaman sawit yang melibatkan kelompok masyarakat sekitar.

Ferry D Sinaga, Regional Head RO II Asian Agri, mengatakan tahun depan pihaknya akan memulai replanting tahap pertama di Riau. Untuk penanaman sawit inti akan dilakukan di lahan seluas 600 hektare, sedangkan sawit plasma akan ditanam pada lahan seluas 1.500 hektare milik perusahaan.

“Replanting ini akan melibatkan masyarakat yang telah kami bina dan berikan pelatihan, sehingga hasilnya dapat maksimal,” katanya di Pekanbaru, Selasa (12/8/2014).

Ferry menuturkan perusahaan juga akan menyediakan bibit yang diperlukan untuk program tersebut. Dia memperkirakan replanting tahap pertama itu akan membutuhkan 120.000 bibit sawit inti, dan 300.000 bibit sawit plasma.

Menurutnya, bibit tersebut diperoleh dari fasilitas produksi milik perusahaan yang selama ini menghasilkan bibit Topaz (OPRS). Masyarakat pun dapat memperoleh bibit tersebut dengan mengajukan permohonan yang disertai dengan keterangan lahan perkebunan yang jelas dan tidak menyalahi aturan.

Ferry mengaku belum dapat memastikan berapa biaya yang akan dialokasikan perusahaan untuk program tersebut, karena masih dalam tahap budgeting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s