Ekonom nilai orang miskin berpotensi naik di era pemerintah baru

Selasa, 12 Agustus 2014

Merdeka.comEkonom Raden Pardede menilai bahwa presiden mendatang berpotensi hanya akan menciptakan orang miskin baru. Jika pemerintahannya gagal menciptakan banyak lahan pertanian, sementara jumlah petani cenderung bertambah.

“Program pemerintah dia ingin tenaga kerja lebih banyak di agriculture. Makin banyak petani makin banyak orang miskin. Jumlah tanah sama, jumlah petani makin banyak dan akan dibagi banyak hasilnya,” ucap pendiri lembaga konsultan keuangan dan ekonomi Creco Consulting, di Jakarta, Selasa (12/8).

Menurut Mantan Sekretaris Forum Komunikasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) tersebut, pemerintahan baru seharusnya lebih fokus pada penciptaan lapangan kerja dibidang manufaktur. Seperti 1980-an, semakin banyak pekerja manufaktur, nilai ekspor Indonesia kian meningkat.

“Kita kurangi beban sektor pertanian. Semakin sedikit yang mengelola tanah maka hasilnya semakin banyak. Tahun 1980-an penciptaan lapangan kerja banyak manufaktur dengan orientasi ekspor. Tahun ini masih banyak services informal sector,” tegasnya.

Dia mencontohkan, pekerja tambang di Indonesia mencapai 46,8 kali pekerja di pertanian pada 2000-2003. Ini menjadi salah satu penyebab pertumbuhan ekonomi Indonesia kala itu meninggi.

Sebaliknya, pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat pada 2009-2012. Salah satu penyebabnya adalah perbandingan jumlah pekerja tambang dengan pertanian menurun hanya tinggal 18 kali.

Selain itu, Raden menilai bahwa presiden mendatang memiliki modal terbatas untuk menggenjot perekonomian Indonesia hingga ke level yang dijanjikan, di atas 7 persen.

“Target semua calon presiden itu baik. Ada yang menurunkan biaya logistik, menurunkan kemiskinan tapi uangnya darimana. Tidak cukup jelas,” ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s