Denny: Penghasil Energi Terbesar, Kenapa Kaltim Sering Mati Lampu?

Kamis, 14 Agustus 2014

SAMARINDA, KOMPAS.com – Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana mempertanyakan persoalan defisit listrik di Kalimantan Timur (Kaltim). Denny menyebutkan bahwa persoalan krisis listrik tersebut akibat salah tata kelola pemerintahan.

“Jadi ceritanya begini, di grup BBM, kemarin ada di bahas soal survei yang menyebut Kota Balikpapan sebagai kota layak huni peringkat satu di Indonesia. Teman saya protes survei itu, karena di Balikpapan sering mati lampu,” katanya sembari tertawa pada acara focus group discussion soal Raperda Hukum Adat di Samarinda, Kamis (14/8/2014) (baca juga: Balikpapan, Kota Paling Layak Huni di Indonesia).

Denny mengatakan, tata kelola listrik tersebut utamanya bertumpu pada pengelolaan energi. Dia menilai Kaltim adalah lumbung energi nasional. Seharusnya, lanjut dia, dengan kekayaan pertambangan energi dan mineral yang melimpah, Kaltim tidak lagi mengalami krisis listrik.

Bahkan, Deni mempertanyakan hasil energi dari Kaltim. Sebab, lanjut dia, Kaltim sangat terkenal sebagai daerah penghasil sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak bumi, gas alam, dan batubara.

“Sebagai daerah penghasil energi terbesar di Indonesia, kenapa Kaltim ini sering mati lampu. Kalau sering mati lampu, patut dipertanyakan ke mana batubara yang dihasilkan,” tambahnya.

Sejumlah kegiatan yang sering dihadirinya di Kaltim, lanjutnya, juga kerap berurusan dengan pemadaman listrik.

“Batubara melimpah. Ini ada salah kelola pemerintahan sehingga daerah lumbung energi malah kekurangan energi. Kalau mati melulu, tentu saja ini mengganggu jalannya kegiatan, terutama kegiatan sehari-hari warga Kaltim,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s